Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDONESIA TERHUBUNG

Asal Punya Koneksi Internet yang Cepat dan Stabil, Pelaku Bisnis Rumahan Juga Bisa Memenangkan Persaingan Bisnis

Kompas.com - 20/04/2023, 18:50 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tren pemanfaatan sarana digital sudah bukan barang baru bagi pelaku usaha, utamanya yang berbasis rumahan dan bermodal terbatas.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pada 2022 mencatat, 86 persen pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bergantung pada internet untuk menjalankan kegiatan usaha.

Kemudian, 73 persen di antaranya sudah memiliki akun pada lokapasar digital, dan 82 persen terbiasa berpromosi melalui internet.

Melihat tren tersebut, wajar apabila pelaku usaha memiliki kebutuhan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil untuk menunjang bisnisnya.

Baca juga: Enggak Pakai Ribet, Berikut 5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Libur Lebaran Bareng Keluarga

Pasalnya, koneksi internet kini jadi faktor penentu kelancaran bisnis mereka. Terlebih, sebagian besar pelaku usaha dan konsumen kini sudah melirik pasar online.

Peran internet dalam persaingan bisnis rumahan

Tak dapat dimungkiri, pelaku usaha online rumahan bergantung pada akses internet cepat untuk memenangkan persaingan bisnis. Adapun akses internet digunakan untuk menunjang beberapa hal.

Pertama, mempercepat proses transaksi. Perlu diketahui, kecepatan transaksi menjadi faktor penting dalam kelancaran usaha dalam bisnis online. Dengan akses internet cepat, pelaku usaha dapat menyelesaikan aktivitas transaksi secara lebih cepat, mulai dari pembayaran online, pengiriman pesanan, dan update status pesanan secara real-time.

Kedua, meningkatkan kualitas layanan. Pelaku usaha besar kerap dipilih konsumen karena dinilai memiliki kualitas layanan yang baik.

Baca juga: Gratis dan Bebas Calo, Masyarakat Antusias Ikut Mudik bersama IndiHome-Telkom Group

Namun, bukan berarti pelaku usaha online rumahan tak memiliki peluang. Sebab, meningkatkan kualitas layanan dapat ditunjang dengan memanfaatkan akses internet. Misalnya, pelaku usaha online yang memasarkan produk lewat platform digital, seperti media sosial, dapat secara intens dan melayani permintaan serta pertanyaan konsumen.

Bermodalkan akses internet cepat dan stabil, hal itu dapat ditangani dengan baik. Dengan begini, pelaku usaha bisa membangun dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Ketiga, memaksimalkan pemasaran produk. Akses internet cepat mendukung pelaku usaha rumahan menggunakan berbagai strategi digital marketing untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Tak perlu banyak modal, karena kini, mereka sudah terbiasa menggunakan layanan platform digital, seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, artikel berbasis search engine optimization (SEO), serta affiliate marketing.

Karena pemasaran dilakukan secara digital, kunci keberhasilan beriklan dititikberatkan pada foto dan deskripsi produk mendetail agar mampu menarik perhatian konsumen. Nah, koneksi internet cepat dibutuhkan salah satunya untuk mengunggah foto atau video produk beresolusi tinggi dengan lebih cepat.

Baca juga: Telkomsel-Indihome Bakal Digabung, Kapitalisasi Pasar Telkom Ditaksir Capai Rp 500 Triliun

Keempat, mengakses informasi. Penguasaan informasi menjadi salah satu kunci memenangkan persaingan bisnis di era digital. Pelaku usaha perlu mengolah informasi ter-update menjadi peluang bisnis untuk meningkatkan keuntungan usaha. Dengan akses informasi yang lebih cepat, peluang Anda untuk mendapatkan peluang bisnis juga semakin besar.

Itulah peran konektivitas internet dalam memenangkan persaingan usaha online rumahan. Melihat kebutuhannya, pelaku usaha online tak bisa asal dalam memilih provider.

Adapun salah satu provider yang sudah dikenal mampu menyediakan internet cepat dan stabil di Indonesia adalah IndiHome dari Telkom Indonesia.

Baca juga: IndiHome Gelar Content Creation Competition Berhadiah Rp 165 Juta

Sebagai informasi, IndiHome menyediakan layanan IndiHome Fiber dengan tingkat kecepatan transfer data hingga 100 megabit per second (Mbps). Dengan akses data secepat ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas digital untuk kebutuhan bisnis online rumahan dengan lancar.

IndiHome menawarkan beragam pilihan paket internet unlimited yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan, yakni paket 1P (internet), paket 2P (internet dan telepon atau internet dan televisi), paket 3P (internet, TV, serta telepon), serta paket Gamer. Kecepatan internet yang ditawarkan paket tersebut mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps.

Adapun harga paket 1P dengan kecepatan 30 Mbps adalah Rp 280.000 per bulan. Sementara itu, harga paket Gamer dengan kecepatan internet mencapai 100 Mbps adalah Rp 965.000 per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com