Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Pare Pare, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Kompas.com - 11/06/2023, 06:08 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Pare Pare adalah salah satu pelabuhan besar yang ada di Sulawesi. Pelabuhan ini juga merupakan gerbang menuju daerah-daerah lainnya di Indonesia Timur.

Mengutip laman resmi Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, di kabupaten tempat kelahiran Presiden Habibie ini, sebenarnya terdapat 4 pelabuhan yang beroperasi.

Pertama Pelabuhan Nusantara, kemudian Pelabuhan Cappa Ujung, dan Pelabuhan Lontage, serta ada pula pelabuhan khusus yang dipergunakan oleh Pertamina.

Pelabuhan Nusantara berfungsi sebagai pelabuhan penumpang, Pelabuhan Cappa Ujung berfungsi sebagai pelabuhan barang atau kontainer. Sedangkan Pelabuhan Lontage berfungsi sebagai pelabuhan rakyat.

Baca juga: Info Pelabuhan Ferry Penajam, Tiket, dan Jadwal Kapal

Sementara Pelabuhan Pare Pare sendiri merujuk pada Pelabuhan Nusantara atau juga biasa disebut Pelabuhan Nusantara Parepare. Pelabuhan ini memiliki luas 11.987 meter persegi yang merupakan pelabuhan penumpang utama.

Pelabuhan ini saat ini dikelola oleh BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Sementara untuk sebagian angkutan kapalnya, dioperatori oleh PT Pelni (Persero) dan beberapa perusahaan pelayaran swasta.

Jadwal Kapal Pelabuhan Pare Pare

Mengutip laman resmi Pelindo, Pelabuhan Nusantara Parepare menjadi alternatif masyarakat Sulawesi Selatan yang ingin menyeberang ke berbagai daerah di Indonesia, terutama ke Pulau Kalimantan.

Pelabuhan Nusantara menghubungkan Parepare dengan kota-kota di pesisir Kalimantan, Surabaya, dan kota-kota pelabuhan di Indonesia bagian timur.

Baca juga: Info Pelabuhan Kali Adem Muara Angke dan Tiketnya

Pelabuhan Pare Pare juga merupakan pelabuhan bagi masyarakat di daerah Ajatappareng (Sidenreng, Suppa, Rappang, Sawitto, dan Alitta).

Untuk kapal Pelni, jadwal kapal adalah setiap 2 sampai 4 kali perjalanan dalam sebulan. Jadwal mengalami penyesuaian setiap bulannya, sehingga untuk jadwal keberangkatan kapal bisa mengeceknya langsung di situs resminya.

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal Pelabuhan Pare Pare, termasuk informasi tarif tiket dan rute yang dituju sebagaimana dikutip dari situs resmi Pelni per 2023:

1. KM Lambelu Rute 1

  • Rute: Pare pare – Makassar – Baubau – Maumere – Larantuka
  • Tarif tiket: Rp 385.000
  • Durasi perjalanan: 1 hari 20 jam
  • Jadwal kapal: 4 kali dalam sebulan

2. KM Lambelu Rute 2

  • Rute: Pare pare – Pantoloan – Balikpapan – Tarakan – Nunukan
  • Tarif tiket: Rp 383.000
  • Durasi perjalanan: 2 hari 6 jam
  • Jadwal kapal: 4 kali dalam sebulan

3. KM Egon Rute 1

  • Rute: Pare pare – Batulicin – Surabaya – Lembar – Waingapu
  • Tarif tiket: Rp 430.000
  • Durasi perjalanan: 4 hari 19 jam
  • Jadwal kapal: 2 kali dalam sebulan

4. KM Egon Rute 2

  • Rute: Pare pare – Bontang
  • Tarif tiket: Rp 203.000
  • Durasi perjalanan: 1 hari 3 jam
  • Jadwal kapal: 2 kali dalam sebulan

Itulah informasi seputar jadwal kapal hingga tarif tiket Pelabuhan Pare Pare. Semoga bisa membantu perjalanan Anda.

Pelabuhan Pare Pare adalah salah satu pelabuhan besar di Sulawesi. Untuk jadwal keberangkatan kapal Pelabuhan Pare Pare atau Pelabuhan Nusantara Parepare untuk kapal penumpang bisa mengeceknya di situs resmi Pelni.Dok. Humas Kemenhub Pelabuhan Pare Pare adalah salah satu pelabuhan besar di Sulawesi. Untuk jadwal keberangkatan kapal Pelabuhan Pare Pare atau Pelabuhan Nusantara Parepare untuk kapal penumpang bisa mengeceknya di situs resmi Pelni.

Baca juga: Profil Pelabuhan Ciwandan Banten yang Disesaki Pemotor saat Mudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com