Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Beroperasi Penuh 18 Agustus, Layani 434 Perjalanan Per Hari

Kompas.com - 17/07/2023, 20:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek bakal melayani seluruh rute saat beroperasi secara penuh pada 18 Agustus 2023 dengan 434 perjalanan per hari.

Kepala Divisi LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi mengatakan, ke-434 perjalanan itu akan dibagi untuk melayani perjalanan rute Jakarta-Cibubur dan Jakarta-Bekasi.

Adapun waktu operasional LRT Jabodebek mulai pukul 05.30-23.30 WIB setiap harinya.

"Kita merencanakan sekitar 434 perjalanan LRT per hari untuk tahun pertama pengoperasian. Total 434 perjalanan LRT per hari itu akan dibagi dua untuk jalur Dukuh Atas-(Harjamukti) Cibubur dan Dukuh Atas-Jatimulya," ujarnya kepada wartawan melalui sambungan telepon, Senin (17/7/2023).

Baca juga: KAI Sebut LRT Jabodebek Bakal Balik Modal dalam 13 Tahun

Pada uji coba operasional terbatas selama 12 Juli-15 Agustus, LRT Jabodebek melayani semua stasiun kecuali Stasiun Halim.

Kemudian, pada operasional penuh nanti LRT Jabodebek akan melayani naik-turun penumpang di seluruh stasiun LRT Jabodebek yang berjumlah 18 stasiun, termasuk Stasiun Halim.

Di Stasiun Halim ini, LRT Jabodebek nantinya akan terintegrasi dengan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sehingga bagi masyarakat yang akan ke Jakarta-Bandung atau sebaliknya dapat dengan mudah berganti moda transportasi dari LRT ke KCJB atau sebaliknya.

"Semua jalur akan kita layani dan operasikan, termasuk jalur menuju Stasiun Halim dalam rangka sebagai transportasi pengumpan atau feeder bagi Kereta Cepat Jakarta-Bandung," ucapnya.

Baca juga: Hubungkan Akses MRT, LRT, dan KRL, JPM Dukuh Atas Ditarget Rampung 31 Juli 2023

 


Sebagai informasi, total rangkaian LRT Jabodebek yang siap beroperasi sebanyak 29 rangkaian. Namun yang akan dioperasikan sebanyak 27 rangkaian dan 2 rangkaian lainnya akan digunakan untuk cadangan.

Secara total, LRT Jabodebek memiliki 31 rangkaian tapi yang saat ini tersedia hanya 29 rangkaian karena 2 rangkaian sedang dalam proses perbaikan oleh PT INKA (Persero) pasca kecelakaan pada 2021 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com