Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Jam Operasional dan Cara Naik LRT Jabodebek

Kompas.com - 25/08/2023, 18:38 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang beroperasinya LRT Jabodebek pada akhir Agustus 2023, ada baiknya mengetahui jam operasional dan tata cara naik LRT Jabodebek.

Pasalnya, uji coba operasional terbatas untuk masyarakat umum hingga kini masih belum dipastikan pelaksanaannya. Padahal uji coba ini menjadi upaya sosialisasi kepada masyarakat agar mengetahui cara naik LRT Jabodebek.

Sebagai informasi, saat sudah beroperasi penuh LRT Jabodebek akan melayani penumpang dalam 434 perjalanan setiap harinya dengan 27 rangkaian kereta.

Baca juga: Apakah Tarif LRT Jabodebek Kemahalan? Ini Kata Masyarakat

Adapun LRT Jabodebek secara total memiliki 31 rangkaian sehingga 4 kereta sisanya digunakan sebagai kereta cadangan.

Kapasitas angkut satu rangkaian LRT Jabodebek sebanyak 1.308 penumpang di mana satu rangkaiannya terdiri dari 6 kereta.

Jam Operasional LRT Jabodebek

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, jam operasional LRT Jabodebek mulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB.

Kemudian, LRT Jabodebek akan melayani masyarakat di 18 stasiun pemberhentian yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Stasiun-stasiun tersebut yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

"Terdapat dua line perjalanan yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Stasiun Harjamukti/pp dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Stasiun Jatimulya/pp," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2023).

Cara Naik LRT Jabodebek

Setelah mengetahui jam operasional LRT Jabodebek dan 18 stasiun LRT, calon penumpang juga perlu mengetahui tata cara naik LRT Jabodebek agar dapat mempersiapkan perjalanannya dengan baik.

Berikut tata cara naik LRT Jabodebek:

1. Siapkan uang elektronik

LRT Jabodebek hanya melayani pembayaran nontunai (cashless) menggunakan kartu multitrip (KMT) KAI Commuter, kartu uang elektronik Perbankan dari BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta, QRIS, Link Aja, dan KAI PAY.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com