Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KA Argo Semeru dan KA Wilis Dievakuasi Pakai 2 Kereta

Kompas.com - 17/10/2023, 18:53 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus mengevakuasi penumpang Kereta Api (KA) 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir dan KA 6 Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng yang mengalami insiden di Kulon Progo, Yogyakarta pada Selasa (17/10/2023).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan para penumpang dievakuasi menggunakan KA Bandara YIA dan rangkaian kereta luar biasa (KLB) dari Yogyakarta.

Penumpang KA 17 Argo Semeru dialihkan ke KA Sawunggalih menuju Stasiun Kroya atau Purwokerto, untuk selanjutnya melanjutkan dengan KA lain ke Jakarta.

Baca juga: KA Argo Semeru Anjlok, 5 Perjalanan Kereta Putar Arah

Sementara penumpang KA 6 Argo Wilis dievakuasi menggunakan KA Bandara YIA menuju Stasiun Yogyakarta untuk dialihkan ke KA lain menuju Surabaya.

"Yang Argo Wilis ke Yogyakarta pakai KA Bandara ke arah timur. Yang KA Semeru ke Kutoarjo pakai KLB ke arah barat," ujar Joni kepada Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Sejak sore tadi, tim evakuasi sudah berada di lapangan untuk mengevakuasi dan mengamankan penumpang.

Baca juga: Kemenhub Ungkap Kronologi Kecelakaan KA Argo Semeru dengan KA Argo Wilis

Tim evakuasi tersebut juga sudah berkoordinasi untuk mendatangkan rangkaian alat berat dan lokomotif penolong untuk mengevakuasi sarana yang terdampak agar kedua jalur tersebut dapat dioperasikan kembali.

Sebagai informasi, kronologi peristiwa ini yaitu KA Argo Semeru dengan nomor registrasi KA 17 relasi Surabaya Gubeng-Gambir mengalami anjlok di petak lintas antara Stasiun Sentolo-Wates KM 520+4 pada Selasa (17/10) pukul 13:15 WIB.

Selang beberapa waktu kemudian, pada pukul 13:25 WIB rangkaian KA 6 Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng datang dari arah barat dan menyerempet rangkaian KA Argo Semeru. Akibat hal tersebut, petak lintas tempat kejadian tidak dapat dilalui di kedua arah.

Joni mengungkapkan, pada insiden tersebut tidak terdapat korban jiwa. Namun ada korban luka ringan dari penumpang kereta berjumlah 4 orang, dengan 1 orang menjalani rawat inap sedangkan 3 orang melakukan rawat jalan.

"Tidak ada korban jiwa," ucap Joni.

Baca juga: KA Argo Semeru Anjlok, KAI: Tidak Ada Korban Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com