Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bayar QRIS dengan Kartu Kredit BRI di Aplikasi BRImo

Kompas.com - 28/10/2023, 16:33 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank BRI memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin bertransaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Saat ini, cara bayar QRIS BRI bisa memakai kartu kredit BRI melalui aplikasi super apps BRImo.

Dengan inovasi ini, nasabah pengguna BRImo dapat dengan lebih mudah melakukan pembayaran QRIS menggunakan sumber dana dari limit kartu kredit BRI.

Namun demikian, untuk bisa menikmati layanan tersebut, nasabah harus memiliki super apps BRImo dan kartu kredit BRI terlebih dahulu. Setelah itu, nasabah dapat login BRImo menggunakan username dan password.

Baca juga: Pendapatan BNBR Meningkat 31,77 Persen, Bantu Industri Energi Hijau dan Elektrifikasi Transportasi

Dilansir dari laman resminya, BRImo adalah aplikasi keuangan digital Bank BRI berbasis data internet untuk memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non nasabah BRI untuk dapat bertransaksi.

Sedangkan kartu kredit adalah alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Pemayaran tersebut termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit.

Pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Baca juga: Cinema XXI Raup Pendapatan Rp 3,8 Triliun hingga Akhir September 2023

Lalu cara bayar QRIS di aplikasi BRImo dengan sumber dana dari limit kartu kredit BRI? 

Kartu kredit yang terdapat pada aplikasi BRImo harus dilakukan aktivasi dan registrasi untuk mendapatkan layanan pembayaran (sebagai sumber dana) untuk melakukan transaksi melalui metode QRIS.

Cara registrasi dan aktivasi kartu kredit BRI di BRImo

Adapun cara untuk registrasi dan aktivasi kartu kredit BRI di aplikasi BRImo adalah sebagai berikut:

  • Login ke aplikasi BRImo
  • Pilih menu "Lainnyya"
  • Pilih "Kartu Kredit BRI" pada bagian produk.
  • Pilih kartu kredit BRI yang dimiliki untuk melakukan registrasi dan aktivasi.
  • Klik "Aktivasi"
  • Baca, pahami, serta setujui syarat dan ketentuan untuk melanjutkan proses berikutnya.
  • Masukkan expiration date kartu kredit BRI dengan format (mm/yy) dan tanggal lahir dengan format (dd/mm/yyyy). Data tersebut harus sesuai dengan data yang terdaftar pada sistem Kartu Kredit BRI.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan SMS OTP (One Time Password) sebagai sarana otentikasi yang dikirimkan ke nomor HP. 
  • Masukkan kode OTP ke aplikasi BRImo. 
  • Akan muncul pemberitahuan “Aktivasi Finansial Berhasil”, serta terdapat status Kartu Kredit BRI “Aktif” pada Info Kartu.
  • Kartu kredit BRI sudah aktif dan siap untuk digunakan untuk transaksi pembayaran QRIS.

Baca juga: Elnusa Bukukan Laba Bersih Rp 407 Miliar Sepanjang Kuartal III 2023

Cara bayar QRIS dengan Kartu Kredit BRI di Aplikasi BRImoqris.id Cara bayar QRIS dengan Kartu Kredit BRI di Aplikasi BRImo

Cara bayar QRIS dengan Kartu Kredit BRI di Aplikasi BRImo

Selanjutnya, ketika akan melakukan transaksi pembayaran QRIS dengan kartu kredit BRI melalui BRImo, nasabah dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Login ke aplikasi BRImo
  • Pilih fitur transaksi QRIS.
  • Scan QR melalui aplikasi BRImo.
  • Masukkan nominal pembayaran.
  • Pilih kartu kredit BRI yang akan digunakan sebagai sumber dana.
  • Periksa kembali nominal pembayaran dan sumber dana yang digunakan, lalu masukkan PIN BRImo untuk melakukan verifikasi transaksi.
  • Transaksi berhasil dan sukses.

Baca juga: Kenalan dengan Southeast Summit, Tempatnya Cari Modal Usaha tanpa Pinjam Bank

Sebagai catatan, jumlah besaran nominal transaksi yang dapat digunakan pada QRIS BRImo  dengan sumber dana kartu kredit tergantung dari sisa limit kartu kredit milik nasabah.

Besarnya maksimum nominal per transaksi pada QRIS BRImo dengan sumber dana kartu kredit adalah Rp 5 juta atau reviewable Bank BRI.

Kemudian, besarnya akumulasi total transaksi dalam satu hari pada QRIS BRImo sumber dana kartu kredit adalah Rp 10 juta atau reviewable Bank BRI.

Pemegang kartu wajib melakukan pencocokan antara nominal transaksi dengan nominal yang diinput. Apabila terdapat kesalahan maka menjadi tanggung jawab pemegang kartu.

Demikian informasi seputar cara bayar QRIS dengan Kartu Kredit BRI melalaui aplikasi BRImo. Perlu diingat, nasabah wajib merahasiakan informasi data pribadi yang berupa username, password, PIN, OTP, dan lainnya serta tidak memberikan kepada siapapun.

Cara bayar QRIS dengan Kartu Kredit BRI di Aplikasi BRImoDok BRI Cara bayar QRIS dengan Kartu Kredit BRI di Aplikasi BRImo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com