Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus Rekor Tertinggi, KCIC Tambah 4 Perjalanan di Akhir Pekan

Kompas.com - 05/11/2023, 11:08 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mencatat jumlah penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Kereta Cepat Whoosh tembus 18.000 penumpang pada Sabtu (4/11/2023) kemarin.

Jumlah ini menjadi rekor tertinggi selama kereta cepat Whoosh dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023 silam. KCIC pun menambah 4 perjalanan kereta pada akhir pekan ini untuk memenuhi permintaan yang tinggi.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, animo masyarakat menggunakan kereta cepat Whoosh di akhir pekan sangat tinggi. Tujuan perjalanan di akhir pekan mayoritas untuk berlibur, diikuti untuk urusan bisnis, bekerja, dan kepentingan lainnya.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Tertahan 15 Menit gara-gara Listrik Padam, PLN: Kami Mohon Maaf

Untuk memenuhi kebutuhan dan tingginya permintaan masyarakat, mulai 1 November 2023 KCIC telah menjalankan 28 perjalanan Kereta Cepat Whoosh reguler.

Jumlah perjalanan itu pun kembali ditambah sebanyak 4 perjalanan kereta untuk akhir pekan ini, sehingga total menjadi tersedia 32 perjalanan Kereta Cepat Whoosh reguler.

"Jumlah ini menjadi jumlah perjalanan terbanyak per hari sejak Kereta Cepat Whoosh dioperasikan," ujar Dwiyana dalam keterangannya, Minggu (5/11/2023).

Secara rinci, volume penumpang Kereta Cepat Whoosh pada Sabtu 4 November 2023 mencapai 18.053 penumpang dengan tingkat okupansi mencapai 94-100 perse.n

Jumlah tersebut meningkat 33 persen dibanding pekan sebelumnya pada Sabtu 28 Oktober 2023 dengan volume sebanyak 13.490 penumpang.

"Peningkatan terjadi karena adanya penambahan perjalanan sebesar 28 persen dari 25 perjalanan per hari menjadi 32 perjalanan per hari untuk mengakomodir masih tingginya jumlah permintaan masyarakat akan perjalanan Kereta Cepat Whoosh," papar dia.

Baca juga: Bantah Kereta Cepat Whoosh Mogok, KCIC: Kereta Tertahan...

Dwiyana pun mengimbau agar para penumpang Kereta Cepat Whoosh memperhatikan jadwal keberangkatan. Sebab, kereta berangkat tepat waktu dan tidak dapat menunggu penumpang.

Gate boarding akan ditutup 5 menit sebelum kereta diberangkatkan. Maka penumpang diminta untuk datang setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan agar tidak tertinggal.

Ia memastikan, secara berkala KCIC melakukan evaluasi layanan kereta cepat Whoosh, naik itu evaluasi jadwal perjalanan kereta, integrasi moda transportasi, fasilitas di area stasiun hingga layanan penumpang.

"Evaluasi terhadap pelayanan dan operasional akan terus dilakukan bersama seluruh stakeholder untuk menghadirkan layanan Kereta Cepat Whoosh yang nyaman, aman, dan selamat," tutup Dwiyana.

Baca juga: Buka-Bukaan Wamen BUMN soal Proyek Kereta Cepat Bandung-Surabaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com