Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantah Kereta Cepat Whoosh Mogok, KCIC: Kereta Tertahan...

Kompas.com - 02/11/2023, 10:39 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membantah bahwa kereta cepat Whoosh mengalami mogok di jalur. 

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa memastikan tidak ada kereta yang mogok lantaran seluruh sarana kereta cepat Whoosh yang beroperasi dalam kondisi andal dan laik operasi.

Selain itu, kereta yang dioperasikan tercatat tidak pernah mengalami kerusakan sejak dilakukan uji coba hingga kini telah dioperasikan secara resmi.

Baca juga: Melihat Rute dan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Dulu Ditawarkan Jepang

"Tidak ada yang mogok, kereta tertahan karena suplai listrik PLN padam, namun kondisi real tidak ada sarana yang mengalami kerusakan," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (1/11/2023).

Dia menjelaskan, kondisi yang terjadi pada dua kereta Whoosh Selasa kemarin disebabkan oleh kendala suplai listrik dari PLN yang padam pada pukul 10.30 WIB di gardu listrik Kiaracondong-Gedebage.

Kendala pada suplai listrik tersebut menyebabkan dua kereta cepat Whoosh sempat tertahan perjalanannya sekitar 15 menit.

"Dampak pemadaman listrik PLN saat kejadian terdapat 2 kereta yang sempat tertahan yakni Whoosh G1126 rute Tegalluar- Halim dan G1123 rute Halim - Padalarang," ungkapnya.

Setelah itu, pihaknya langsung berkordinasi dengan PLN dan tidak lama kemudian suplai listrik kembali normal. Adapun Kereta Cepat Whoosh kembali melanjutkan perjalanannya pada pukul 10.45 WIB.

"KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang Kereta Cepat Whoosh atas kejadian ini," kata dia.

Baca juga: Indonesia Lanjut Kerja Sama dengan China Garap Proyek Kereta Cepat sampai Surabaya

 

Kronologi dari sisi PLN

Terpisah, PT PLN (Persero) menjelaskan kronologi tertahannya Kereta Cepat Whoosh selama hampir 15 menit pada Selasa (31/10/2023).

General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia menyebut kendala tersebut disebabkan adanya gangguan pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 150 kilovolt (kV) Kiaracondong-Gedebage.

Kendati demikian, ketika ada gangguan pada pukul 10.24 WIB, pihaknya langsung bergerak cepat sehingga pukul 10.50 WIB sistem kelistrikan kembali normal.

"Gangguan tersebut turut berdampak pada operasional kereta cepat Whoosh G1126 rute Tegalluar-Halim dan G1123 rute Halim-Padalarang, serta sejumlah area di wilayah Bandung," ujar Susiana dalam keterangannya Rabu (1/11/2023).

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk gangguan kelistrikan yang terjadi kepada masyarakat dan juga KCIC," tambah dia.

Selain itu, akibat peningkatan suhu beberapa minggu terakhir yang sangat ekstrem, beberapa komponen instalasi kelistrikan mengalami overheat dan penurunan keandalan.

Upaya pencegahan kejadian serupa terus dilakukan. Bahkan pihak PLN dan KCIC telah berkoordinasi secara intensif.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Tambah Jumlah Perjalanan, Berikut Jadwalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com