Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ubah Limbah Kulit Sapi Jadi Merchandise, Jim Joker Ajak Pelajar SMKN 12 Surabaya Ikut Berkarya

Kompas.com - 13/12/2023, 15:19 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Brand alas kaki kulit asal Surabaya Jim Joker menggandeng para pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 12 Surabaya untuk membuat produk dari limbah kulit sapi berupa merchandise. Kerja sama ini dilakukan Jim Joker untuk berkontribusi dan menebar dampak baik pada sektor pendidikan Tanah Air.

Selain ingin berdampak baik, kerja sama tersebut didasari kepedulian Jim Joker untuk mengolah limbah kulit dari hasil produksi sepatu agar tetap bias dimanfaatkan secara optimal.

Sebagai informasi, SMKN 12 Surabaya memiliki konsentrasi ilmu Kriya Kulit. Atas dasar inilah, Jim Joker memilih sekolah tersebut sebagai partner kerja sama.

”Dari sisa produksi, kami menemukan banyak limbah (kulit) yang tidak bisa dipakai untuk memproduksi alas kaki lagi. Kemudian, kami berpikir bagaimana caranya potongan berukuran kecil itu bisa diubah menjadi merchandise yang punya value,” kata Manajer Pemasaran Jim Joker Samuel Adidharma Lukito dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (11/12/2023).

Langkah tersebut, kata Samuel juga merupakan tempat bagi Jim Joker untuk memperkenalkan karya anak-anak SMK kepada pasar yang lebih luas.

“Mereka (para siswa) membuat prototype, (lalu) diajukan ke kami. Setelah itu, kami siapkan bentuk pisau potong atau pisau pond, lalu diseset (ditipiskan), kemudian dilakukan perekatan, lalu penandaan jahitan, membuat lajur, lalu jahit, lalu menipiskan pinggir kulit, lalu finishing dengan krim dan emboss (pemberian brand timbul),” ujarnya menerangkan merchandise yang akan dibuat.

Adapun proyek kerja sama itu melibatkan 18 dari 31 siswa kelas XI SMKN 12 Surabaya. Total limbah kulit sapi yang dihibahkan berjumlah 40 feet atau sekitar 12 meter.

“Kemudian, limbah bakal diolah jadi 200 produk merchandise berupa gantungan kunci,” terang Ketua Program Studi (Kaprodi) Kriya Kulit SMKN 12 Surabaya Firmansyah.

Melihat antusiasme para siswa, Jim Joker pun memberi apresiasi.

"Ini baru pertama kami menginisiasi program kerja sama. Cari yg mudah dulu, dilihat bagaimana keberlanjutannya, apakah produk bias (dibuat secara) jangka panjang. Sekarang masih gantungan kunci (saja), mungkin ke depan bisa produk model lain," kata Samuel.

Tertarik untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai produk Jim Joker? Cek website berikut dan Instagram-nya. Sementara, online store Jim Joker dapat dicek di laman berikut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com