Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Mahfud MD Dongkrak Ekspor RI

Kompas.com - 22/12/2023, 21:24 WIB
Kiki Safitri,
Isna Rifka Sri Rahayu,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengatakan, ia dan capresnya, Ganjar Pranowo, memiliki tiga strategi mengoptimalkan pemanfaatan perjanjian perdagangan bebas untuk mendongkrak ekspor.

"Menurut saya untuk mengoptimalkan pemanfaatan perjanjian-perjanjian, saya dan Ganjar kebetulan sudah berdiskusi lama terkait hal ini. Sekurang-kurangnya ada 3 hal yang menjadi strategi kami," ujar Mahfud dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Muhaimin Mau Bangun 40 Kota Setara Jakarta, Mahfud MD: Saya Kaget, Apakah Bisa?

Pertama, Mahfud-Ganjar mengoptimalkan diplomasi dengan negara-negara lain melalui diplomasi dengan para duta besar di luar negeri.

"Menurut Pak Jokowi pada saat awal-awal kami dilantik, duta besar itu adalah duta ekonomi," kata dia.

Kedua, mereka akan mengintegrasikan perdagangan nasional agar sesuai dengan standar perdagangan global.

Dengan demikian, produk yang diproduksi di Indonesia bisa dengan mudah diekspor ke negara lain karena sudah memenuhi standar internasional

"Kita juga membuat regulasi di sini agar tidak, misalnya, upaya perdagangan kita lalu diblokir atau dicurangi oleh teman-teman kita sendiri, pelaku-pelaku ekonomi di dalam yang berintegrasi atau berkolusi dengan pejabat-pejabat publik," ujar Mahfud.

Baca juga: Mahfud Sindir Gibran soal IKN: Belum Ada Satu Pun Investor yang Masuk

Terakhir, mereka akan mengutamakan penguatan ekonomi nasional agar bisa tumbuh dan produktif. Dengan demikian, kualitas produk dalam negeri bisa mudah diterima negara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com