Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 2024, PLN Akan Aktif Jadi Inkubator Startup Energi

Kompas.com - 23/12/2023, 13:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) akan mengambil peran aktif dan strategis sebagai episentrum startup energi dan "beyond kWh" dengan melakukan serangkaian inisiatif. Salah satunya dengan menggelar program Startup Day Connext bertajuk “Spark The Future: PLN as The Epicentrum for Energy Startups”.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memaparkan, dirinya berharap startup yang tergabung dalam program PLN Connext akan menjadi bagian ekosistem besar ini dengan menjalin kemitraan yang produktif dan inovatif dengan PLN.

"Ide dan inovasi dari teman-teman startup ini akan menjadi berkah bagi PLN sekaligus membangun kapasitas nasional, menggunakan produk nasional tanpa import, dan membuka lapangan kerja," kata Darmawan melalui keterangan pers, Sabtu (23/12/2023).

Baca juga: PLN Icon Plus Targetkan 4-5 Juta Pelanggan pada 2024 Mendatang

Dalam program ini, PLN membuka kolaborasi di tiga kategori penting yakni customer focus dan smart ecosystem, alternatif energi, dan share economic model. Ketiga kategori tersebut bertujuan untuk menggali berbagai inovasi teknologi dalam rangka mitigasi perubahan iklim melalui pemanfaatan energi baru terbarukan.

Pada tahun 2024, lanjut Darmawan, peran PLN mulai dari membangun komunitas startup energi dan beyond kWh, melakukan penjajakan dan komunikasi dengan startup energi global serta melanjutkan program akselerasi kolaborasi dan inkubasi dengan startup.

“Harapannya dengan menggabungkan solusi teknologi dari startup serta kekuatan aset, jaringan, dan sumber daya PLN Grup dan sektor swasta/pemerintahan yang lain, maka akan terbentuk simbiosis mutualisme yang bermuara pada kemajuan Indonesia,” ujar Darmawan.

Baca juga: Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2024, PLN Siagakan 624 Unit SPKLU

Dorong unicorn startup energi

Sebagai informasi, PLN Grup sebagai pemimpin transisi energi sendiri dalam setahun ini telah menjajaki potensi kolaborasi dengan lebih dari 30 startup.

Saat ini PLN telah mencanangkan program Accelerated Renewable Energy Development sebagai jalan menuju pencapaian NZE 2060.

PLN percaya bahwa program ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara signifikan, di mana perusahaan startup di sektor energi dapat menjadi bagian yang memanfaatkan momentum pertumbuhan tersebut.

Saat ini, terdapat decacorn (valuasi 10 miliar dollar AS) asal Indonesia telah lahir, dan masih terdapat puluhan perusahaan unicorn (valuasi 1 miliar dollar AS) yang masih mempunyai potensi untuk tumbuh menjadi decacorn. Namun demikian, belum satu pun perusahaan yang bergerak di sektor energi.

Baca juga: Startup Diprediksi Masih Akan Kesulitan Pendanaan Tahun Depan

“Kami berharap program Startup Day ini dapat menjadi inkubator yang mendorong tumbuhnya lebih banyak unicorn yang bergerak di sektor energi untuk mendukung Accelerated Renewable Energy Development di Indonesia,” ucap Darmawan.

Dalam acara Startup Day, PLN juga turut melakukan peluncuran komunitas “Startup Energi dan Beyond kWh”.

PLN akan menyediakan kanal komunikasi eksklusif yang bisa digunakan startup untuk menjalin koneksi dan kolaborasi pengembangan bisnis. Dengan demikian, harapannya PLN dapat mendorong terbentuknya perusahaan rintisan unicorn.

Baca juga: Kisah Pengusaha Alumni UGM M Abdurrohman Alhafidz, Bangun Startup Software ERP Lokal untuk Melawan Kompetisi Global

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com