BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Nestle

Perkuat Distribusi, Nestlé Indonesia Dukung PT Rukun Mitra Sejati Perluas Jaringan di Banda Aceh

Kompas.com - 08/05/2024, 10:45 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mitra distributor PT Nestlé Indonesia, PT Rukun Mitra Sejati, memperluas jaringan distribusi di barat Indonesia dengan membuka kantor dan gudang distribusi ke-46 di Banda Aceh, Provinsi Aceh, Selasa (26/3/2024).

Kantor dan gudang distributor tersebut diresmikan secara langsung oleh jajaran direksi PT Rukun Mitra Sejati, dan disaksikan oleh PT Nestlé Indonesia dan Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin.

Direktur PT Rukun Mitra Sejati Lie Hendy Lianto mengatakan, di tengah situasi sarat tantangan dan persaingan yang semakin ketat, keputusan membuka jaringan distribusi baru merupakan wujud komitmen dan dedikasi untuk tumbuh dan berkembang.

“Kerja sama antara PT Rukun Mitra Sejati dan PT Nestlé Indonesia telah terbangun selama tiga tahun terakhir. Meskipun masih terbilang muda, kemitraan ini berdampak positif terhadap pertumbuhan usaha PT Rukun Mitra Sejati,” ujar Lie dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/5/2024).

Baca juga: PT Nestlé Indonesia Buka Industrial Hub di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada manajemen PT Nestlé Indonesia, khususnya tim sales Nestlé Indonesia, atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan.

“Melalui kerja sama tersebut, bisnis distribusi PT Rukun Mitra Sejati kian berkembang dan dapat memperluas jaringan distribusi produk-produk di Indonesia, khususnya bagi warga di Provinsi Aceh,” kata Lie.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu mengatakan bahwa pembukaan kantor dan gudang distribusi tersebut sejalan dengan komitmen PT Nestlé Indonesia untuk mendukung peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar area operasional Nestlé. 

Produk Nestlé sendiri, lanjutnya, telah menjadi pilihan konsumen dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner makanan dan minuman di Aceh.

Baca juga: Nestlé Indonesia Berdayakan Lebih dari 100.000 Pemuda

Oleh karena itu, ia pun bersyukur memiliki mitra andal, seperti PT Rukun Mitra Sejati. Kemitraan dengan PT Rukun Mitra Sejati membantu pemasaran produk-produk Nestlé di Aceh.

Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu mengatakan bahwa pembukaan kantor dan gudang distribusi tersebut sejalan dengan komitmen PT Nestlé Indonesia untuk mendukung peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar area operasional Nestlé.Dok. Nestle Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu mengatakan bahwa pembukaan kantor dan gudang distribusi tersebut sejalan dengan komitmen PT Nestlé Indonesia untuk mendukung peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar area operasional Nestlé.

“Kehadiran kantor dan gudang distribusi di Banda Aceh memberikan akses bagi para konsumen ataupun pelaku usaha UMKM di Aceh terhadap produk-produk Nestlé. Mewakili manajemen PT Nestlé Indonesia, saya ucapkan selamat kepada atas pembukaan kantor dan gudang distribusi ke-46 di Aceh,” kata Sufintri.

Lebih lanjut, selama lebih dari 52 tahun perjalanan, Nestlé telah menghadapi tantangan-tantangan. Ia pun berharap, Nestlé bisa terus berkontribusi dalam menciptakan manfaat melalui kemitraan dengan berbagai pihak.

“Kami senantiasa berupaya menyediakan akses bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan produk-produk yang lezat dan sehat serta bersertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) – Kementerian Agama (Kemenag) ataupun izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kami turut berupaya menginspirasi masyarakat untuk hidup dengan lebih sehat dengan berbagi pengetahuan tentang gizi,” terang Sufintri.

Baca juga: Nestlé Indonesia Resmikan Kantor Pusat Baru, Ada Ruang Karaoke dan Klinik

Peran vital distributor FMCG

Sebagai informasi, peresmian kantor dan gudang distribusi tersebut disertai pula dengan kegiatan buka puasa bersama sekaligus syukuran.

Sejumlah pihak turut hadir, antara lain Wali Kota (Walkot) Banda Aceh, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Iskandar Muda Aceh, manajemen Nestlé Indonesia, Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin, serta perwakilan Universitas Islam Ar-Raniry.

Dalam sambutan Walkot Banda Aceh yang dibacakan staf ahlinya, Iskandar, produk-produk fast moving consumer good (FMCG) sudah menjadi bagian penting bagi masyarakat Aceh. Terutama bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), seperti bidang kuliner makanan dan minuman.

Menurut data per Desember 2023, terdapat lebih dari 34.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Banda Aceh.

Baca juga: Nestlé Targetkan Nol Emisi Gas Rumah Kaca pada 2050

“Peran distributor FMCG punya peran vital dalam ekosistem UMKM kuliner makanan dan minuman guna mendukung mereka makin berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Kami mengapresiasi PT Rukun Mitra Sejati yang telah membuka kantor dan gudang distribusi di Banda Aceh. Semoga dapat membantu meningkatkan perekonomian Banda Aceh,” bunyi sambutan Walkot Banda Aceh yang disampaikan Iskandar.

Di acara tersebut, Gus Addin menekankan peran penting dukungan berbagai pihak, termasuk jaringan distribusi, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Aceh.

Gus Addin menilai, kehadiran jaringan distribusi, seperti milik PT Rukun Mitra Sejati, dapat menciptakan circular economy dengan sistem melibatkan berbagai pihak.

“Dimulai dengan kemitraan antara PT Nestlé Indonesia dan PT Rukun Mitra Sejati untuk proses distribusi. Kemudian, PT Rukun Mitra Sejati menggandeng GP Ansor untuk menjadi mitra transportasi dalam pengiriman produk-produk hingga tiba ke konsumen dan pelaku UMKM. Model ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat,” tambahnya.  


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com