Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Groundbreaking" Pertama Setelah Pemilu 2024, Ada 8 Investor yang Ikut Serta

Kompas.com - 27/02/2024, 15:14 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melaksanakan groundbreaking tahap lima di IKN, Kalimantan Timur selama 29 Februari hingga 1 Maret 2024.

Adapun 8 investor yang ikut serta pada groundbreaking kelima ini, yaitu Otorita Jasa Keuangan (OJK), Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank Kaltimtara, Telkom Indonesia, TVRI, dan BPJS Kesehatan.

Deputi Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono mengatakan, pada groundbreaking kelima ini akan dimulai pembangunan kawasan perbankan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Selain pusat layanan perbankan di KIPP ini, ke depannya juga akan ada kawasan khusus layanan keuangan yakni financial center di kawasan Wilayah Perencanaan 2. Namun pembangunannya akan dilaksanakan pada groundbreaking selanjutnya.

"Di groundbreaking kelima ini akan bersandarkan pada satu tema yang sangat kuat yaitu mulai terbangunnya layanan perbankan," ujarnya saat media briefing secara virtual, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: PUPR Gelontorkan APBN Rp 68,57 Triliun untuk Bangun Sarana Prasarana Dasar IKN

Selain menjadi awal mula pembangunan pusat layanan perbankan di KIPP IKN untuk mendukung aktivitas keuangan di IKN, groundbreaking kelima ini juga menandai pembangunan IKN sebagai kota pintar.

Hal ini ditandai dengan mulai dilaunchingnya Command Center Nusantara di hunian pekerja konstruksi (HKP), pembangunan smart office Telkom Indonesia, dan mini studio Nusantara TVRI di HPK.

Command Center nantinya akan berfungsi untuk memonitor seluruh kota IKN. Namun untuk saat ini Command Center akan memonitor pembangunan proyek-proyek di IKN.

Kemudian, pembangunan Telkom Smart Office yang menandai pembangunan infrastruktur layanan dasar telekomunikasi. Nentinya Telkom Indonesia juga akan membangun fiber optik dan infrastruktur lainnya.

"Jadi di sinilah kita melihat IKN ini mengokohkan diri sebagai smart city, infrastrukturnya ada, kemudian kendalinya dilakukan secara terpusat melalui command center, dan juga kemudian ada studio yang akan menjangkau warga Indonesia di berbagai belahan bumi Nusantara di Indonesia dilakukan tepat di area IKN," ucapnya.

Baca juga: Groundbreaking Kelima di IKN Dilaksanakan Pekan Ini, Ada Kantor Bank Mandiri dan BRI

Jadi Tanda Investasi Terus Lanjut

Menurutnya, grounbreaking kelima yang dilakukan setelah pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 14 Februari lalu, menjadi bukti bahwa investasi masih terus berlanjut.

Oleh karenanya, dia optimistis akan ada pelaksanaan groundbreaking di IKN selanjutnya dalam 1-2 bulan ke depan. Saat ini pihaknya masih terus memproses dan mengelola minat investasi dari para investor.

"Kita semua optimistis ini akan berjalan dengan baik dan tercapai dan ini adalah sebuah titik penting menuju pada akhirnya di Oktober terjadinya transisi pemerintahan kepada pemerintahan yang terpilih hasil pemilu yang berjalan dengan damai," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com