Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antrean Panjang di Pelabuhan Merak, Pertamina Imbau Isi BBM di Rest Area Km 43A dan Km 68A

Kompas.com - 07/04/2024, 21:01 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mengimbau para pemudik yang melakukan perjalanan ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten untuk melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di rest area tol.

Tepatnya pada SPBU rest area kilometer (KM) 43 A dan SPBU rest area KM 68 A Tol Jakarta-Merak.

Imbauan tersebut untuk mengantisipasi penumpukan antrean kendaraan di Pelabuhan Merak yang terpantau sejak Jumat (5/4/2024) hingga hari ini Minggu (7/4/2024).

Baca juga: Urai Kepadatan di Merak, Kemenhub Maksimalkan Pelabuhan Panjang Lampung

Kepadatan kendaraan saat arus mudik di Pelabuhan Merak, Minggu (7/4/2024). Dok. Kementerian Perhubungan Kepadatan kendaraan saat arus mudik di Pelabuhan Merak, Minggu (7/4/2024).

Berdasarkan laporan di lapangan pada hari ini, antrian panjang kendaraan masih terpantau di pintu Tol Merak dan titik kemacetan di jalur tersebut telah mencapai KM 87.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan, pemudik yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak dapat mengisi BBM sebelum titik antrian panjang kendaraan.

"Kami mengimbau para pemudik yang akan menyeberang di Pelabuhan Merak untuk mengisi BBM terlebih dahulu di SPBU KM 43A atau SPBU KM 68A, sebelum exit tol Merak yang telah mengalami kemacetan panjang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (7/4/2024).

Ia menuturkan, Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan antisipasi peningkatan kebutuhan BBM para pemudik yang melintasi wilayah Banten dengan menyiagakan SPBU dan layanan tambahan di sepanjang jalur Tol Jakarta-Merak menuju Pelabuhan Merak.

Baca juga: Kehabisan BBM di Tol Jakarta-Merak? Pertamina Siapkan 8 Motoris Siap Antar BBM

Tersedia beberapa SPBU dijalur menuju Pelabuhan Merak yakni SPBU di Rest Area KM 13, Rest Area KM 43, dan Rest Area KM 68, dan SPBU di exit tol Merak.

Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan 2 SPBU Modular di Rest Area Non SPBU di KM 70 dan di Dermaga Executive Merak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com