Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Pertalite Dihapus Lalu Digantikan Pertamax Green?

Kompas.com - 15/06/2024, 03:46 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - PT Pertamina memastikan bahwa pihaknya tetap memasok bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite kepada masyarakat Indonesia selama masih ada penugasan dari pemerintah walaupun ada Pertamax Green 95.

“Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga masih terus menyalurkan Pertalite sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh pemerintah serta sesuai dengan kuota yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” kata Media and Stakeholder Manager PT Pertamina Patra Niaga Heppy Wulandari di Malang, dikutip dari Antara, Sabtu (15/6/2024).

Heppy mengatakan bahwa Pertalite sebagai BBM bersubsidi sehingga pencabutannya dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah. Namun sampai dengan saat ini belum ada perintah untuk menghentikan penyaluran Pertalite.

“Kami rasa subsidi ini akan terus diberikan oleh pemerintah dan Pertamina akan tetap menyalurkan,” ujar dia.

Baca juga: BPH Migas Ajukan Kuota Pertalite 2025 Sebesar 33,23 Juta Kiloliter

Dia mengatakan bahwa beberapa waktu lalu, muncul kekhawatiran dari masyarakat terkait penghapusan Pertalite dan diganti dengan BBM jenis Pertamax Green 95.

Bahkan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur beberapa pengguna Pertalite juga khawatir dengan kabar penghentian BBM jenis Pertalite yang disubsidi pemerintah.

“Kehadiran Pertamax Green 95 bukan untuk menghentikan penyaluran Pertalite, namun ada kesalahan persepsi yang kami dapatkan di masyarakat,” ujar dia.

Sehingga ujar dia Pertamina memastikan bahwa kehadiran Pertamax Green 95 tidak ada kaitannya dengan Pertalite. Namun hal ini dikeluarkan untuk program BBM yang peduli dengan lingkungan.

Baca juga: Naik 17 Persen, Laba Bersih Pertamina 2023 Tembus Rp 72 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com