Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cipta Perdana Lancar Melantai di Bursa, Incar Dana Rp 71,40 Miliar

Kompas.com - 05/07/2024, 12:44 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cipta Perdana Lancar Tbk (PART) resmi melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Dengan demikian, perseroan menjadi emiten ke-17 di BEI tahun ini.

Perseroan menunjuk PT MNC Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek serta PT KB Valbury Sekurtas dan PT Erdikha Elit Sekuritas menjadi Penjamin Emisi Efek.

Baca juga: Dua Perusahaan Besar Bakal IPO Tahun Ini

Ilustrasi saham, pasar saham, transaksi saham. SHUTTERSTOCK/JIRAPONG MANUSTRONG Ilustrasi saham, pasar saham, transaksi saham.

Direktur Utama Cipta Perdana Lancar Hamim mengatakan, melalui IPO ini, perseroan mengajak masyarakat umum untuk berpartisipasi dan ikut serta dalam pertumbuhan bisnis perseroan di sektor sparepart otomotif, elektronik, dan sanitasi.

"Perseroan menawarkan sebanyak 680.000.000 saham baru, dengan nilai nominal Rp 25 per saham, yang ditawarkan pada harga penawaran sebesar Rp 105 per saham, dan total nilai Penawaran Umum mencapai sebanyak Rp 71,40 miliar," kata Hamim di BEI, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Hamim mengatakan, seluruh dana yang diperoleh perseroan dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan dua hal.

Pertama, sekitar 54,39 persen akan digunakan untuk belanja modal dalam rangka ekspansi bisnis Perseroan, yaitu dengan total 92 items moulding.

Baca juga: Produsen Makanan Merek Almonesia dan John Farmer Berencana IPO, Lepas 20 Persen Saham ke Publik

Adapun sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan yaitu untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari, termasuk pembelian material dan sub-material untuk kebutuhan produksi perseroan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com