Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbitkan Obligasi Senilai Rp 600 Miliar, Anak Usaha Solusi Sinergi Digital Bakal Perluas Konektivitas

Kompas.com - 05/07/2024, 12:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI), PT Integrasi Jaringan Ekosistem, mencatatkan obligasi perdana senilai Rp 600 miliar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Presiden Direktur PT Integrasi Jaringan Ekosistem Hermansjah Haryono mengatakan, dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi ini mayoritas akan digunakan untuk kebutuhan belanja modal dan sebagian kecilnya untuk memperkuat modal kerja.

"Dana yang dicapai dalam penerbitan obligasi ini sebesar Rp 600 miliar, sebagian besar akan kami pakai untuk kebutuhan belanja capex guna mencapai atau menangkap peluang-peluang yang ada di pasar saat ini," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Baca juga: Dorong Pertumbuhan Pendapatan, Anak Usaha WIFI, Bangun 200.000 Homepass

Dia menjelaskan, belanja modal yang dimaksud untuk perluasan infrastruktur konektivitas. Hal ini untuk mengantisipasi potensi lonjakan kebutuhan konektivitas di masa yang akan datang dimana era transformasi digital akan terus tumbuh seiring dengan transformasi ekonomi.

"Saat ini penetrasi Fixed Broadband baru berkisar 25 persen layanan internet ke rumah rumah. Jadi ini adalah sebuah peluang yang sangat besar bagi perseroan untuk dapat menjadi pemain utama penyediaan konektivitas yang handal dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat," ucapnya.

Saat ini IJE telah mengoperasikan 7.000 km infrastruktur backbone serat optik berkapasitas besar di sepanjang jalur kereta serta jalur lainnya di Pulau Jawa.

Baca juga: Pasar Obligasi Melemah pada April 2024, Bagaimana Potensinya ke Depan?


Perseroan juga telah berinvestasi pada penyediaan bandwidth berkapasitas besar hingga 64.000 Gbps. Dan dalam mendukung aktivitas Cloud Computing ke depan, Perseroan juga telah membangun dan mengoperasikan 58 Edge Data Center (EDC) yang tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa, yang masih dapat ditingkatkan hingga 592 lokasi di Pulau Jawa.

Saat ini Edge Data Center Perseroan juga telah digunakan Cloud Provider untuk solusi Content Delivery Network (CDN). Seluruh ekosistem digital Perseroan yang saling mendukung ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi 25 juta rumah tangga di Pulau Jawa yang dapat berdampak pada perkembangan ekonomi digital ke depan.

Obligasi yang diterbitkan anak usaha dari Solusi Sinergi Digital Tbk ini mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) dalam gelaran penawaran umum Obligasi I Integrasi Jaringan Ekosistem Tahun 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com