Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Konektivitas, PT SMI Ikut Danai Dua Ruas Tol Ini

Kompas.com - 11/03/2019, 11:31 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -   PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI),  yang merupakan Special Mission Vehicles Kemenkeu, bersama perbankan nasional mendukung pembiayaan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) ruas tol Cibitung-Cilincing dan Krian-Legundi-Bunder-Manyar.

Hal tersebut diawali melalui Penandatanganan Kredit Investasi Infrastruktur Jalan Tol PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) sebesar Rp 6,8 triliun dan PT Waskita Bumi Wira (WBW) dengan nilai Rp 3,96 triliun.

Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini menyatakan, pembiayaan ini  ini merupakan salah satu wujud dukungan terhadap upaya meningkatkan konektivitas antardaerah yang akan mendorong terciptanya manfaat berkelanjutan bagi masyarakat.

"Selama 1 dasawarsa bakti PT SMI mengakselerasikan pembangunan infrastruktur Indonesia, sinergi dengan para pemangku kepentingan telah memungkinkan kami mendukung 52 PSN dengan total nilai proyek sebesar Rp 69,9 triliun," sebutnya dalam dari siaran pers, Senin (11/3/2019).

Baca juga: PT SMI Jadi Emiten Pertama yang Terbitkan Green Bound

Di ruas jalan tol Cibitung - Cilincing, PT SMI bersinergi dengan Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, Bank Panin, Bank DKI, dan Bank Jatim mengucurkan pembiayaan  ruas tol sepanjang 34,02 km itu.

Tersedianya ruas tol ini akan mendukung arus lalu lintas barang di kawasan industri Cibitung dan terkoneksi langsung dengan jaringan tol Trans Jawa. Selain itu, ruas tol ini akan terkoneksi langsung dengan pelabuhan internasional Tanjung Priok sehingga menciptakan distribusi logistik yang lebih efisien.

Dengan keberadaan ruas jalan tol Cibitung-Tanjung Priok diharapkan bisa ada penghematan waktu tempuh dari sekitar 60-90 menit melalui JORR I atau tol dalam kota, menjadi hanya sekitar 30 menit dengan asumsi kecepatan 60 km/jam.

Sementara untuk pembiayaan ruas jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar sepanjang 38,29 km,  PT SMI tergabung dalam sindikasi perbankan nasional seperti BNI, BRI, CIMB Niaga Syariah, Bank Jatim, Bank Jatim Syariah, Bank Bali, Bank Riau Kepri, hingga Bank Papua.

Ruas tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar merupakan lingkar luar kota Surabaya yang menghubungkan kawasan Industri di Gresik dan sekitarnya dengan koneksi langsung dengan jalan tol Trans Jawa di wilayah Jawa Timur.

Ruas tol ini akan menjadi akses utama ke pelabuhan dan kawasan Industri Java  International Port and Estate (JIIPE) di Gresik, yang merupakan kawasan industri terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia.

Ruas jalan tol tersebut juga akan menghemat waktu tempuh Krian menuju Manyar selama kurang lebih 1 jam yang juga akan berdampak pada penghematan biaya operasi kendaraan.

Sri menambahkan, sepanjang 10 tahun peran PT SMI sebagai katalis pembangunan infrastruktur, kepercayaan para pemangku kepentingan merupakan hal inti yang memungkinkan PT SMI mendukung penyiapan dan pembiayaan proyek infrastruktur di Indonesia dengan total nilai Rp 1.151,8 triliun.

Baca juga: Said Didu Kritik Kebiasaan Jokowi Resmikan Jalan Tol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com