Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini SDM yang Dibutuhkan di Revolusi Industri 4.0

Kompas.com - 16/03/2019, 06:10 WIB
Reni Susanti,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad), Executive Vice President Human Capital Management BCA Hendra Tanumihardja berbagi pengetahuan tentang sumber daya manusia (SDM) di era revolusi industri 4.0.

“Di era 4.0 yang dibutuhkan kecepatan, sesuatu yang costumize, lebih khusus, spesifik,” ujar Hendra dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (15/3/2019).

Untuk itu, dibutuhkan perubahan mindset, di antaranya harus fleksibel dan tidak kaku.

Begitupun dari segi belajar, jika dulu berpatok pada buku, kini menjadi lebih luas. Mahasiswa bisa menyerap pengetahuan dari Google, Youtube, dan lainnya.

Baca juga: Era Industri 4.0, Mahasiswa Didorong Semangat Berwirausaha

“Dalam hal soft skill, 4.0 banyak hal diotomatisasi, internet of things, digitalisasi. Tapi soft skill orang tak bisa tergantikan mesin-mesin. Bagaimana interaksi, perasaan (tidak bisa diganti mesin),” ucapnya.

Untuk itu, yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk mengenali drinya sendiri dan lingkungannya. Kemudian bagaimana ia mengelola hubungan dengan teman-temannya, lingkungan, dan sosialnya.

“Itu yang dinamakan social intelegence. Kemampuan ini yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Peningkatan soft skill ini pun terus dilakukan BCA kepada SDM-nya. Salah satu fokusnya adalah leadership dan membangun relationship.

“Nanti, interaksi (perbankan) 97 persen lewat digital, hanya 3 persen lewat interaksi (manusia dengan manusia). Itu artinya kesempatan kita berinteraksi dengan nasabah menjadi sangat langka,” tuturnya.

Karena itu, kemampuan interaksi harus dipergunakan sebaik mungkin. “Kemampuan itu menjadi critical di masa depan,” ungkapnya.

Untuk menjawab kebutuhan SDM di era 4.0 itu pula, BCA kerap mengedukasi SDM. Pihaknya pun berbicara dengan para pendidik, career center, dan lainnya.

“Kami mengkomunikasikan, ini yang dibutuhkan. Lewat komunikasi ini juga, ke depan akan terjalin sinergi sehingga kita siap,” sebut dia.

Baca juga: Menkeu: Di Era Industri 4.0, Data Setara dengan Perusahaan Tambang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com