Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Mei 2019, Nilai Tukar Rupiah Relatif Stabil

Kompas.com - 20/06/2019, 16:08 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan, nilai tukar rupiah pada bulan Mei 2019 melemah 0,18 persen secara point to point dibandingkan dengan akhir April 2019.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, perkembangan ini tidak terlepas dari pengaruh eskalasi ketegangan hubungan dagang antara negara-negara dunia yang memicu sentimen risk off di pasar keuangan global.

"Nilai tukar rupiah secara keseluruhan bergerak stabil," ujar Perry ketika memberikan paparan hasil RDG di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Baca juga: BI: Dari Awal Tahun, Rupiah Menguat 1,02 Persen

Adapun pada Juni 2019 nilai tukar rupiah kembali menguat 0,04 persen sampai 19 Juni 2019 secara point to point jika dibandingkan dengan level akhir Mei 2019, dan 0,69 persen secara rerata dibandingkan level Mei 2019.

"Perkembangan positif pada Juni 2019 didorong persepsi terhadap prospek ekonomi Indonesia yang tetap baik, termasuk peningkatan sovereign rating Indonesia oleh Standard and Poor’s (S&P), di samping prakiraan arah kebijakan moneter global yang melonggar," ujar Perry.

Kondisi ini pada gilirannya mendorong kembali aliran masuk modal asing dan memperkuat kurs rupiah.

Baca juga: BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah Pada 2020 Bisa Sentuh Rp 13.900 Per Dollar AS

Ke depan, bank sentral memandang nilai tukar rupiah akan bergerak stabil sesuai dengan mekanisme pasar yang tetap terjaga.

"Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar dan memperkuat pembiayaan domestik, Bank Indonesia terus mengakselerasi pendalaman pasar keuangan, baik di pasar uang maupun valas," jelas Perry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com