Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PPN: Tahun Ini Penentuan Lokasi Pasti Ibu Kota Baru

Kompas.com - 26/06/2019, 15:12 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta terus digodok oleh pemerintah. Bahkan anggaran pun sudah disiapkan untuk dana pemindahan ibu kota.

Meski begitu pemerintah belum memutuskan satu lokasi calon ibu baru Indonesia hingga saat ini. Lantas kapan lokasi ibu kota baru ditentukan?

"Rencananya 2019 itu sudah penentuan lokasi persis," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat membuka seminar di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Namun Bambang tidak menyebut ciri-ciri lokasi calon ibu kota Indonesia. Meski begitu kata dia, pada 2020 semua persiapan pemindahan ibu kota harus disiapkan.

Baca juga: Jangan Bayangkan Ibu Kota Baru Akan Seperti Jakarta...

Persiapan itu kata dia. termasuk master plan ibu kota yang di dalamnya terdapat detail dan desain secara rinci ibu kota baru.

"Pada 2021 konstruksi sampai 2024. Jadi pada 2024 sudah bisa dimulai pemindahan tahap pertama," kata dia.

Meski begitu, ada sejumlah wilayah yang potensial jadi ibu kota negara karena memiliki risiko bencana yang relatif minim berdasarkan catatan pemerintah.

Berdasarkan peta kebencanaan, ada tiga wilayah yang potensial jadi menjadi lokasi ibu kota karena minim bencana. Lokasi itu yakni Sumatera bagian timur itu relatif risiko bencananya kecil, Kalimantan keseluruhan dan Sulawesi bagian selatan.

Adapun soal dana, Bambang memastikan, anggaran pemindahan tidak akan sepenuhnya dibiayai negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ia menegaskan, pemerintah akan mengundang pihak swasta untuk turut terlibat dalam upaya negara negara memindahkan ibu kota dari Jakarta.

Baca juga: Mempertanyakan Alasan Pemindahan Ibu Kota

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com