Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Keterisian Penumpang Garuda di Kertajati Capai 85 Persen

Kompas.com - 05/07/2019, 20:40 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat keterisian penumpang pesawat Garuda Indonesia dari dan menuju Bandara Internasional Kertajati rata-rata mencapai 85 persen dengan tingkat ketepatan waktu (OTP) sebesar 100 persen.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara optimistid tingkat keterisian penerbangan Garuda Indonesia di bandara tersebut akan semakin baik.

"Dengan pengoperasian layananan penerbangan Garuda Indonesia Group saat ini dari dan menuju Bandara Kertajati yang menunjukan trafik penumpang yang menjanjikan, kedepannya kami cukup optimistis dapat memaksimalkan potensi pengembangan jaringan penerbangan dari bandara ini ke wilayah lainnya," ujar Ari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/7/2019).

Meski untuk rute Kertajati - Denpasar tingkat keterisiannya cukup baik, kata Ari, pihaknya perlu meningkatkan lagi kinerja di penerbangan lainnya yang dilayani Garuda Indonesia Grup di bandara tersebut.

Baca juga: Mulai Beroperasi, Fasilitas Bandara Kertajati Siap Layani Penumpang

Ari pun yakin bandara internasional Kertajati memiliki potensi yang cukup besar dan menjanjikan.

"Dengan capaian SLF lebih dari 85 persen dan OTP hingga 100 persen di hari ke enam operasional penerbangan Bandara Internasional Kertajati, Garuda Indonesia optimistis dan akan terus berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja operasional penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Internasional Kertajati," kata Ari.

Mulai 1 Juli 2019 lalu, seluruh operasional penerbangan domestik dengan pesawat jet di Bandara Internasional Husein Sastranegara dialihkan ke Bandara Internasional Kertajati.

Jika ditotal setidaknya ada 13 penerbangan dalam sehari yang telah dipindahakan dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati.

Kertajati merupakan bandara terbesar di Jawa Barat dan ke depannya diproyeksikan sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Soekarno-Hatta.

Pada tahap awal, Kertajati memiliki luas terminal mencapai 96.000 meter persegi dengan kapasitas 5 juta penumpang. Pada pengembangan akhir, atau tahap ultimate, Kertajati akan diperkuat terminal berkapasitas 29,3 juta per tahun pada 2032.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com