Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indef Pesimistis Target APBN 2020 Bakal Tercapai

Kompas.com - 19/08/2019, 18:32 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan tingkat inflasi hingga akhir tahun di kisaran 3,1 persen. Angka tersebut sama dengan realisasi inflasi tahun 2018 lalu yang sebesar 3,13 persen.

Wakil Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance Eko Listiyanto mengatakan, target inflasi tersebut bakal sulit dicapai. Sebab, meski secara keseluruhan hingga akhir Juli 2019 realisasi inflasi sebesar 3,32 persen, namun kenaikan barang bergejolak mencapai 4,9 persen, terutama bahan pangan 4,85 persen.

"Target inflasi di 3,1 persen susah dicapai. Sebetulnya sekarang masih 3,32 pesen dan inflasi semakin bersumber dari hal-hal yang bersentuhan langsung dengan hajat hidup orang banyak. Inflasi barang bergejolak hampir 5 persen walau inflasi umum 2,3 persen. Hampir dua kali lipan," ujar Eko di Jakarta, Senin (19/8/2019).

Eko menilai, tingginya kenaikan harga barang-barang bergejolak merupakan salah satu bukti pemerintah telah gagak mengendalikan harga bahan pangan. Meski inflasi bisa terjaga pada level rendah.

Adapun untuk asumsi nilai tukar yang berada di kisaran Rp 14.400 per dollar AS pada RAPBN 2020, Eko pun menilai target tersebut juga bakal sulit dicapai.

Di dalam asumsi RAPBN 2020, nilai tukar rupiah diperkirakan bakal berada di kisaran Rp 14.400 per dollar AS.

Baca : Inilah Asumsi Makro yang Tertuang di RAPBN 2020

Sebab, meskipun saat ini rata-rata nilai tukar rupiah berada di ksiaran Rp 14.250 per dollar AS, dari ketahanan fundamental Indonesia dinilai masih cukup rentan dan berpotensi membuat nilai tukar rupiah akan lebih bergejolak pada 2020 mendatang.

"Problemnya kita termasuk dalam 15 negara terbesar yang mengalami defisit current account. 15 Besar negara dengan current account adalah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan kita nomor lima," jelas Eko.

Data terakhir, defisit neraca berjalan Indonesia pada kuartal II-2019 tercatat sebesar 8,4 miliar dollar AS atau sebesar 3,04 persen dari PDB.

Jika pemerintah tak segera melakukan langkah-langkah untuk menekan angka CAD tersebut, nilai tukar rupiah bakal lebih mudah terombang-ambing pada 2020 mendatang.

"Dilihat dari sisi global ketidakpastian meningkat sebetulnya di 2020, rupiah akan lebih mudah terombang-ambing kalau nggak ada upaya serius tekan CAD di bawah 3 persen," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com