Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Listrik Makin Baik, Gubernur Babel Pede Undang Investasi

Kompas.com - 27/08/2019, 12:15 WIB
Heru Dahnur ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com -  Ketersediaan listrik di Kepulauan Bangka Belitung memungkinkan masuknya investasi.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengaku percaya diri jika mempromosikan potensi daerah karena didukung pasokan listrik yang semakin baik.

"PLN Babel sudah bukan lagi melangkah tapi melompat maju ke depan sehingga kami pemerintah daerah tidak malu ketika akan mempromosikan investasi di Babel," kata Erzaldi saat rapat kerja PLN di Pangkal Pinang, Senin (26/8/2019).

Dia menuturkan, apabila ada investor yang hendak berinvestasi di Bangka Belitung maka yang pertama kali ditanyakan adalah kesiapan pasokan listriknya.

Baca juga: Ditopang Pertanian, Pertumbuhan Ekonomi Babel 3,49 Persen

Untuk itu, pemda kata Erzaldi, mendukung terwujudnya ketahanan energi yang mandiri, green dan murah. 

Beberapa kebijakan pemerintah provinsi Bangka Belitung untuk mendukung kebijakan tersebut antara lain dengan memberi kemudahan pengurusan izin dan pembebasan lahan pembangunan pembangkit, Pengolahan limbah sawit sebagai energi pembangkit listrik tenaga (PLT) Biomassa dan PLT Biogas POME, penyediaan bahan bakar PLTBn CPO, dan pengolahan sampah menjadi bahan bakar PLTsa. 

Dalam hal CPO misalnya, Gubernur bersama dengan stakeholder terkait akan menyusun perda terkait CPO untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, sehingga akan memberikan keuntungan baik untuk petani, PLN, maupun masyarkat secara umum.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Babel Abdul Mukhlis mengungkapkan bahwa PLN telah melakukan berbagai langkah perbaikan untuk menyediakan listrik di Bangka Belitung. 

Baca juga: KEK Tanjung Kelayang, Transformasi Babel dari Pertambangan ke Pariwisata

“Berbagai upaya telah kita lakukan, dari yang dulu dalam kondisi defisit kemudian cukup, surplus, andal dan secara paralel menuju green," pungkasnya.

Saat ini PLN Babel melayani 458.824 pelanggan yang tersebar di Pulau Bangka, Belitung dan pulau – pulau terpencil di sekitarnya.

Sementara permintaan di Pulau Bangka sebesar 151 MW dan pasokan 186 MW, sedangkan di Pulau Belitung memiliki masing-masing 43 MW dan 73 MW.

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com