Ditopang Pertanian, Pertumbuhan Ekonomi Babel 3,49 Persen

Kompas.com - 16/08/2019, 14:22 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi THINKSTOCKSIlustrasi pertumbuhan ekonomi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2019 di Kepulauan Bangka Belitung memerlihatkan tren positif.

Pertumbuhan ekonomi tercatat sebesar 3,49 persen secara tahunan (yoy), setelah pada kuartal sebelumnya hanya tumbuh sebesar 2,80 persen (yoy). Secara nominal, Produk Domestik Bruto (PDRB) Bangka Belitung berdasarkan harga berlaku pada kuartal II 2019 mencapai Rp 19,02 triliun.

Namun demikian, pertumbuhan perekonomian Babel masih lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi secara nasional sebesar 5,05 persen (yoy) dan pertumbuhan ekonomi Sumatera sebesar 4,62 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika mengatakan, dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi Babel pada kuartal II 2019 ditopang oleh membaiknya kinerja sektor pertanian dan perdagangan.

Baca juga: INDEF: Target Pertumbuhan Ekonomi 5,3 Persen Sulit Dicapai

Sektor Pertanian tercatat tumbuh sebesar 5,04 persen (yoy), lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 2,61 persen (yoy).

"Pertumbuhan pada sektor Pertanian didorong oleh meningkatnya kinerja sektor Perkebunan dan Perikanan," kata Tantan kepada awak media di Pangkal Pinang, Jumat (16/8/2019).

Sebagai multiplier effect dari pertumbuhan sektor pertanian, sektor perdagangan juga turut mengalami pertumbuhan sebesar 3,85 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 0,85 persen (yoy).

Pertumbuhan Sektor Perdagangan didorong oleh membaiknya kinerja perdagangan ritel yang didorong oleh adanya momen perayaan hari besar keagamaan seperti Cheng Beng, Ramadhan dan Idul Fitri, pelaksanaan pemilu serentak dan beberapa event berskala nasional maupun internasional.

Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) tumbuh sebesar 7,83 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 7,60 persen (yoy), didorong banyaknya pembangunan infrastruktur dan meningkatnya barang modal non-bangunan seperti penambahan luas tanam dan pembukaan tambak udang baru.

Baca juga: Bappenas: Belanja Negara Belum Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekspor tercatat membaik meskipun masih mengalami kontraksi yang didorong oleh membaiknya ekspor timah maupun ekspor non timah seperti ekspor CPO, lada dan ikan. 

Adapun pada kuartal III 2019, pertumbuhan ekonomi Babel diperkirakan membaik meskipun masih terbatas.

Perbaikan ini didorong oleh perkiraan membaiknya kinerja sektor pertanian sejalan dengan adanya peningkatan produksi sektor perkebunan yang akan memasuki masa panen pada semester II 2019 dan meningkatnya kinerja sektor perikanan yang didorong oleh masih tingginya permintaan serta faktor musim yang mendukung.

Optimisme membaiknya pertumbuhan ekonomi kuartal III 2019 juga didorong oleh meningkatnya realisasi anggaran/proyek pemerintah, perbaikan ekspor non timah, peningkatan ekspor antar daerah khususnya melalui peningkatan jumlah tamu wisatawan domestik, serta peningkatan konsumsi dalam rangka hari raya keagamaan maupun event nasional.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X