Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepada Pengusaha, Jokowi Ingatkan Ketidakpastian Ekonomi Global

Kompas.com - 16/09/2019, 13:00 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, situasi ekonomi global saat ini penuh dengan ketidakpastian terus mengintai Indonesia.

Oleh karena itu, kondisi seperti inilah yang harus diperhatikan dan dicermati bersama.

"Bahwa situasi ekonomi dunia saat ini penuh ketidakpastian, perang dagang masih terus berjalan menghantui kita," kata Jokowi dalam Munas XVI HIPMI di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (1-/9/2019).

Jokowi menjelaskan, dari perang dagang itu banyak hal yang akan ditimbulkan dan berdampak negatif bagi perekonomian, salah satunya adalah resesi. Apalagi, sejumlah negara saat ini sudah dilanda resesi. 

Baca juga: Ekonomi Global Tertekan, Investor Incar Obligasi Pemerintah hingga Emas

"Tekanan eksternal baik berupa kemungkinan potensi resesi pada 1-1,5 tahun yang akan datang," ungkapnya.

Presiden mengungkapkan, dengan adanya ancaman resesi itu, kini pemerintah sudah mulai mencermatinya dan melakukan perhitungan terkait dampaknya. Hitung-hitungan ini sudah dilakukan dengan melibatkan sejumlah pakar.

"Mulai dihitung-hitung para pakar dan kita tahu juga beberapa negara bahkan masuk dalam proses resesi ekonomi," tambahnya.

"Kita harus persiapkan diri agar tidak terkena dampak bahkan dengan situasi seperti itu kita memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Sehingga menguntungkan negara kita," lanjutnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com