Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantian The Fed dan Isu Virus Corona Dorong Harga Emas Naik

Kompas.com - 30/01/2020, 10:49 WIB
Wayan A. Mahardhika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emas naik pada hari kamis karena virus Corona yang menyebar cepat mendukung permintaan safe haven, serta investor menunggu keputusan kebijakan moneter Federal Reserve Amerika Serikat (the fed).

Harga emas di pasar spot naik 0,3  persen menjadi 1.570,36 per ounce.

"Investor mencari petunjuk tentang apa yang akan dilakukan Fed dengan suku bunga pada tahun 2020," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures dilansir dari Reuters, Kamis (30/1/2020).

Seperti diketahui para ahli berpendapat The Fed tidak akan mengubah suku bunga. Investor juga akan menunggu laporan ekonomi China setelah terdampak virus corona di kota Wuhan.

"Selain faktor The Fed, alasan minat investor terhadap emas adalah dampak coronavirus dan bagaimana hal itu akan memengaruhi data ekonomi China," Ucap Haberkorn.

Sebelumnya pada hari Selasa (30/1/2020), harga emas turun hampir 1% setelah data ekonomi AS positif mengangkat pasar ekuitas bersama dengan dolar.

Untuk diketahui saat ini Korban meninggal akibat coronavirus meningkat menjadi 132 di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com