Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Wabah Virus Corona, Bagaimana Harga Emas Dunia Akhir Pekan?

Kompas.com - 01/02/2020, 08:24 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

CHICAGO, KOMPAS.com - Harga emas berjangka turun pada akhir perdagangan Jumat (31/1/2020) waktu setempat, (Sabtu pagi WIB) di divisi COMEX New York Mercantile Exchange.

Namun kemudian berbalik arah naik dalam perdagangan elektronik seiring dengan turunnya indeks acuan saham-saham AS.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April turun 1,30 dollar AS atau 0,08 persen, menjadi 1.587,90 dollar AS per ounce.

Sehari sebelumnya, emas berjangka melonjak 13,20 dollar AS atau 0,84 persen menjadi ditutup di 1.589,20 dollar AS per ounce.

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini Stagnan

Namun selama perdagangan elektronik berikutnya, emas  rebound  karena Dow Jones Industrial Average anjlok sekitar 600 poin di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang dampak wabah virus corona yang sedang berlangsung terhadap ekonomi dunia.

Sebagai informasi, ketika ekuitas jatuh, harga emas biasanya naik karena investor mengalihkan dana-dana mereka ke tempat yang dinilai lebih aman, seperti emas.

Melemahnya mata uang dollar AS juga memberikan dukungan tambahan bagi emas. Indeks dollar AS turun 0,48 persen menjadi sekitar 97,40.

Dollar AS dan emas bergerak berlawanan arah, jika greenback melemah maka emas yang dihargakan dalam dollar AS akan menjadi lebih murah dan lebih menarik bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

Sementara logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret naik tipis dua sen atau 0,11 persen, ditutup pada 18,012 dollar AS per ounce.

Kemudian platinum untuk penyerahan April merosot 18,60 dollar AS atau 1,9 persen, menjadi 961,90 dollar per ounce.

Baca juga: Penantian The Fed dan Isu Virus Corona Dorong Harga Emas Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com