Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lanjutkan Pelemahan, IHSG Awal Pekan Ini Terjun 2,09 Persen di Pembukaan

Kompas.com - 01/02/2021, 09:43 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini berada di zona merah pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin (1/2/2021).

Melansir data RTI, pukul 09.09 WIB, IHSG berada pada level 5.740 atau turun 122,26 poin (2,09 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 5.862,35.

Sebanyak 80 saham melaju di zona hijau dan 280 saham di zona merah. Sedangkan 127 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 2 triliun dengan volume 1,8 miliar saham.

Baca juga: Banjir Usulan, Aturan Turunan UU Ciptaker Dikebut

Bursa Asia pagi ini dominasi hijau, dengan kenaikan indeks Hang Seng Hong Kong 1,01 persen, indeks Shanghai Komposit 0,03 persen, dan indeks Nikkei 0,91 persen. Sementara itu, indeks Strait Times melemah 0,71 persen.

Sebelumnya, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, masih banyaknya berita negatif di pasar membuat IHSG berpeluang mengalami koreksi di awal pekan dan bangkit di akhir pekan.

Selain itu, pelemahan IHSG yang cukup dalam mendorong aksi forced sell sekuritas untuk mengurangi posisi margin nasabah.

“Pasar saham dapat kembali terkoreksi di awal pekan dan berpotensi rebound di akhir pekan. Penurunan harga saham banyak mendorong terjadinya forced sell yang dilakukan sekuritas untuk mengurangi posisi margin nasabah ritel juga menjadi pemberat pasar,” kata Hans Minggu (31/1/2021).

Baca juga: BSI Bakal Diresmikan Siang Ini, Simak Kinerja 3 Bank Syariah BUMN Jelang Merger

Bursa Eropa kemain ditutup negatif dengan penurunan indeks FTSE 1,82 persen, sementara indeks Xetra Dax turun 1,7 persen,

Wall Street pagi tadi juga ditutup negatif dengan penurunan S&P 500 sebesar 1,93 persen, indeks acuan saham teknologi Nasdaq 2 persen, dan Dow Jones Industrial Average 2,03 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com