Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Pahlawan, Pasar Modal Salurkan Bantuan Senilai Rp 10,3 Miliar ke PMI

Kompas.com - 10/11/2021, 20:04 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Self-Regulatory Organization (SRO) Pasar Modal Indonesia yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) memberikan bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Direktur KSEI Syafruddin mengatakan, pemberian bantuan berupa peralatan dan perlengkapan penunjang operasional itu merupakan bentuk perayaan SRO Pasar Modal dalam memperingati Hari Raya Pahlawan, yang jatuh pada hari ini, Rabu (10/11/2021).

Baca juga: PMI Catat Rekor di 57,2, BKF: Kondisi Usaha Manufaktur Terus Membaik

"Bantuan tersebut terdiri dari 1 unit freezer room, 10 unit tempat penyimpanan darah (blood bank refrigerator), 12 unit timbangan darah (hemoscale), 5 plasma storage freezer, dan 2 mesin apheresis dengan nilai sekitar Rp 10,3 miliar," kata Syafruddin dalam keterangannya, Rabu.

Syafruddin menyampaikan, pemberian donasi ini sekaligus melengkapi kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan oleh SRO dalam rangka HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia.

"Hingga akhir Oktober 2021 telah terkumpul 9.500 kantong darah, dan mulai hari ini 10 November 2021 sampai dengan 14 November 2021 SRO akan kembali mendukung penyelenggaraan donor darah melalui 5 Unit Donor Darah (UDD) PMI di wilayah provinsi DKI Jakarta," tutur dia.

"Dengan tambahan kegiatan donor darah pada bulan November ini, diharapkan hingga akhir November 2021 dapat terkumpul lebih dari 13.000 kantong darah," tambah dia.

Baca juga: Perhatikan Tiga Hal Ini Sebelum Memutuskan Berinvestasi Reksa Dana

Ketua PMI Muhammad Jusuf Kalla mengakui, pada pertengahan tahun ini stok darah PMI sempat menurun hingga 50 persen, dari target kebutuhan tahunan yakni sekitar 5 juta kantong darah.

"Namun saat ini sudah mencapai 90 persen dari target," ujar Jusuf Kalla.

Dalam rangga menjaga stok darah PMI, ia menyebutkan, kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen masih terus diselenggarakan.

"Kami akan terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan darah untuk masyarakat Indonesia," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com