Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Ini Bantu Perusahaan Mengorganisasi Karyawan "Work From Anywhere", Ini Cara Kerjanya

Kompas.com - 07/06/2022, 13:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deskimo, aplikasi yang memungkinkan pekerja untuk menemukan ruang kerja bersama, meluncurkan Working Management System (WMS) untuk mengoptimalkan sistem kerja hybrid.

Deskimo berusaha membantu perusahaan untuk merangkul pengaturan kerja hybrid. Pekerja dapat mulai kembali bekerja dari kantor, tetapi tetap memiliki akses untuk bekerja jarak jauh.

Co-founder Deskimo Christian Mischler mengatakan, dengan WMS perusahaan dapat memanfaatkan fitur perencanaan yang menggunakan data real-time dan mendorong pemanfaatan ruang secara efektif, serta kolaborasi tim di lingkungan kerja bersama.

"Kami merancang WMS sebagai solusi plug-and-play, baik untuk perusahaan besar maupun kecil agar dapat mengadopsi ataupun meningkatkan sistem kerja hybrid dengan cepat. Dengan hanya menggunakan satu platform, perusahaan dapat menawarkan otonomi, fleksibilitas, konektivitas, dan dukungan yang lebih besar," kata Christian Mischler dalam keterangan resmi, Selasa (7/6/2022).

Baca juga: Wacana WFA bagi ASN, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Belum Setuju

Dengan begitu, ia menambahkan, keseimbangan kehidupan kerja menjadi lebih baik serta menciptakan tenaga kerja yang lebih produktif, sehat, dan stabil dalam prosesnya.

Mischler menyampaikan, peluncuran WMS oleh Deskimo memungkinkan perusahaan untuk bertransisi dan menyesuaikan diri dengan sistem kerja yang fleksibel agar dapat meningkatkan produktivitas, menekan biaya, dan memastikan kesejahteraan perusahaan dan karyawan.

Baca juga: Soal WFA, Perusahaan E-commerce Ini Justru Sudah Menerapkannya Sejak Awal 2022

Dengan menggunakan WMS, manajer kantor dapat mengatur kantor di sebuah lokasi, menentukan area, ruang rapat, dan fasilitas lainnya yang mudah diakses siapa saja atau orang yang ditunjuk dalam perusahaan tersebut.

Mischler memerinci, WMS juga memungkinkan kepala departemen atau pemimpin tim untuk menetapkan daftar rotasi kehadiran staf untuk memfasilitasi interaksi langsung.

Karyawan dapat mengatur jadwal mereka sendiri, menunjukkan kapan mereka bekerja dari luar kantor, kapan mereka akan masuk, dan melihat jadwal yang diberikan oleh manajer mereka.

Baca juga: Serba-serbi WFA buat ASN, Mulai dari Gaji hingga Jabatannya

Mischler mengungkapkan, fitur WMS dirancang untuk membantu perusahaan dan karyawan tetap terorganisasi, terinformasi, dan terpantau, serta memfasilitasi kolaborasi dan pertukaran ide agar lebih efektif dan aman tanpa perlu selalu berada di kantor.

Menurut Mischler, perusahaan membutuhkan analisis yang mendalam dan data operasional untuk menentukan dan memilih kantor secara strategis.

"Oleh karena itu, kami menghadirkan produk yang dapat membuat perencanaan dan pengoptimalan kantor menjadi lebih mudah,” imbuh Mischler.

Terakhir, ia menyebut pekerjaan kantor dapat diselesaikan dari mana pun, tetapi kebutuhan untuk terkoneksi dan menyelesaikan isu-isu yang lebih kompleks melalui pertemuan tatap muka dan bertukar ide dengan rekan kerja, tetap diperlukan.

"Pada peluncuran perdananya, Deskimo menawarkan satu bulan uji coba gratis untuk pengguna baru," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com