Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Finance Terbitkan Obligasi Rp 700 Miliar, Cek Jadwalnya

Kompas.com - 11/07/2022, 19:39 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hino Finance Indonesia berencana menerbitkan obligasi senilai Rp 700 miliar. Obligasi tersebut terdiri dari dua seri, yaitu Obligasi seri A dan seri B.

Untuk obligasi seri A memiliki tingkat bunga tetap dan berjangka waktu 370 (tiga ratus tujuh puluh) hari kalender. Sedangkan Obligasi seri B memiliki tingkat bunga tetap dan berjangka waktu 3 (tiga) tahun. Pembayaran Obligasi akan dilakukan secara penuh (bullet payment) pada saat jatuh tempo.

Hajime Kawamura selaku Presiden Direktur Perseroan menyatakan, penerbitan obligasi pertama dari Perseroan merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mengembangkan bisnis perseroan, serta sebgai bentuk pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik.

Baca juga: Harga Komoditas dalam Tren Naik, Wahana Inti Selaras Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun

“Ini juga merupakan strategi perseroan untuk diversifikasi pendanaan. Dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Obligasi ini akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja dalam bentuk pembiayaan sebagaimana kegiatan usaha yang dilakukan oleh Perseroan,” kata Hajime dalam siaran pers, Senin (11/7/2022).

Hajime mengatakan, tingkat bunga yang ditawarkan untuk seri A berkisar 4 persen sampai dengan 4,75 persen. Sedangkan untuk seri B berkisar 5,75 persen hingga 6,75 persen. Nantinya, bunga Obligasi akan dibayarkan setiap 3 bulan sesuai dengan tanggal pembayaran masingmasing Bunga Obligasi.

Dalam rangka penerbitan Obligasi ini, Perseroan memperoleh hasil pemeringkatan “AAA(idn)” dengan outlook stabil atas Surat Hutang Jangka Panjang dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Peringkat nasional “AAA” menunjukan peringkat tertinggi yang diberikan Fitch pada skala nasional untuk Indonesia, sehingga Obligasi ini dilakukan secara clean basis tanpa jaminan khusus.

Baca juga: PP Presisi Terbitkan Obligasi Sebesar Rp 202,98 Miliar

Adapun penjamin pelaksana emisi obligasi antara lain, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia dan PT CIMB Niaga Sekuritas. Obligasi I Hino Finance Indonesia Tahun 2022 akan memasuki Masa Penawaran Awal pada 11-19 Juli 2022.

Sementara itu, perkiraan tanggal efektif yakni pada tanggal 29 Juli 2022 diikuti dengan Masa Penawaran Umum pada 2-4 Agustus 2022 dengan tanggal penjatahan pada 5 Agustus 2022.

Kemudian, untuk distribusi obligasi secara elektronik rencana dilakukan pada 9 Agustus 2022 dan akan dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia pada 10 Agustus 2022.

Baca juga: KB Finansia Multi Finance Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun, Cek Jadwalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com