Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Kisah Seller Laris Manis Jualan dengan Memanfaatkan Fitur dan Program Shopee

Kompas.com - 16/08/2022, 09:17 WIB
Sri Noviyanti

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) produk kayu Prima Shabby Craft, Laily Prima Monica, tak pernah menyangka.

Keputusannya untuk berjualan di Shopee dengan memanfaatkan fitur dan program yang ditawarkan e-commerce itu dapat berdampak besar pada usahanya.

Dagangannya laris manis. Pantauan Kompas.com, pada laman akun Shopee-nya, Prima Shabby Craft memiliki kurang lebih 1.000 produk dengan hasil penjualan ribuan per produk di etalasenya.

Baca juga: Setahun Berdiri untuk UMKM Indonesia, Simak Deretan Fakta Menarik dari Kampus UMKM Shopee

"Saya benar-benar mencari tahu di kolom edukasi penjual sedang ada fitur-fitur promo apa saja yang sedang berjalan. Setelah dipraktikkan, ternyata tidak sesulit itu. Justru (hasilnya) lebih efektif. Hasil penjualan menjadi optimal karena produk semakin dikenal luas," jelas pemilik Laily pada Kompas.com, Selasa (16/8/2022)

Seller Prima Shabby Craft, Laily Prima Monica (dua dari kanan) bersama pegawainya saat menggunakan Shopee sebagai toko
online usahanya.Dok Istimewa Seller Prima Shabby Craft, Laily Prima Monica (dua dari kanan) bersama pegawainya saat menggunakan Shopee sebagai toko online usahanya.

Selain fitur, UMKM asal Blitar, Jawa Timur, tersebut juga mengikuti sejumlah kampanye yang dilakukan di Shopee seperti Big Sale Ramadan, Shopee Mantul Sale, Cuci Gudang, Murah Lebay, dan Rp1.

Pihaknya, kata Laily juga aktif mengikuti beragam program untuk meningkatkan penjualan termasuk Program Ekspor Shopee. Kini, Prima Shabby telah melakukan ekspor ke sejumlah negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Singapura.

Bantu UMKM memasarkan hingga luar negeri

Pada dasarnya, Shopee berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM untuk sukses. Shopee juga menawarkan banyak fitur canggih untuk para pebisnis pemula.

Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) soal pengguna internet di Indonesia periode 2021 hingga awal 2022 menyebut, terdapat sekitar 210 juta orang terkoneksi internet.

Baca juga: Brand Lokal Makin Dilirik, Ini Kisah UMKM yang Raup Cuan melalui Shopee

Hal itu menjadi peluang emas bagi pengusaha lokal yang ingin berbisnis online di platform e-commerce, termasuk di Shopee.

Seller mentor Shopee, Jonathan Kho, menyebut, sejumlah fitur canggih di Shopee memiliki dampak positif bagi para seller yang mengaktifkan fitur dan mengikuti kampanye di Shopee.

“Di Shopee, ada banyak sekali fitur untuk berjualan online, mulai dari fitur Voucher Toko, Promo Toko Harga Coret, Paket Diskon, juga ada program-program seperti Gratis Ongkir Xtra, Cashback Xtra, Shopee Mall, kampanye tanggal kembar dan juga kampanye hari-hari besar,” jelas Jonathan.

Kini, salah satu program yang banyak diminati penjual di Shopee, ialah Program Ekspor Shopee. Dalam program ekspor ini, penjual akan dibimbing oleh Shopee dari awal buka toko hingga dapat ekspor ke luar negeri.

Shopee juga memiliki sistem yang memudahkan penjual untuk dapat melayani pengiriman dari luar negeri.

Sejumlah UMKM telah merasakan dampak positif dari ekspor Shopee. Selain Laily, ada pula pengusaha lokal tas kanvas Gudang Barang Bandung asal Bandung Barat, Agus Ardian.

“Program Ekspor Shopee memudahkan saya untuk berjualan menembus pasar dunia. Ternyata, ekspor itu sangat mudah. Dari segi bahasa (dalam aplikasi Shopee juga) sudah diterjemahkan. Dari segi toko, juga sudah diatur oleh tim Shopee untuk disesuaikan dengan negara masing-masing," kata Agus.

Seller Gudang Barang Bandung saat mengoptimalkan aplikasi Shopee.Dok Istimewa Seller Gudang Barang Bandung saat mengoptimalkan aplikasi Shopee.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com