Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan Penciptaan Satu Juta Wirausaha Baru pada 2024

Kompas.com - 10/10/2022, 13:35 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) mengatakan, pemerintah menargetkan dapat menciptakan 1 juta wirausaha baru dan mapan pada 2024.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah mengungkapkan, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang pedoman tunggal untuk mengembangkan kewirausahaan nasional.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dipercaya menjadi ketua dari komite ini. Sementara wakil ketua diisi oleh Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Tito Karnavian.

"Kalau contohnya dari Kemenkop-UKM tugas kami menciptakan calon wirausaha untuk jadi wirausaha. Salah satu kegiatannya adalah kunjungan ke universitas. Tujuannya mengajak mahasiswa jadi wirausaha, itu cikal bakal awal sekali," kata dia dalam Arqam Accelerator Fashion and Beauty Demo Day 2022, Senin (10/10/2022).

Baca juga: Cek Rekening, BSU Tahap 5 Cair Hari Ini

Ia menambahkan, kampanye yang dilakukan tiap-tiap kementerian memiliki tujuan yang berbeda.

Misalnya, Sandiaga Uno memiliki tugas untuk meningkatkan usaha formal mikro menjadi usaha kecil. Sementara, Mendagri Tiro Karnavian memiliki tugaa untuk atau membantu transformasi usaha nonformal menjadi formal.

"Artinya, menambah NIB dan mengajak wirausaha punya sertifikasi," imbuh dia.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir bertugas untuk membantu transformasi usaha kecil jadi menengah.

Baca juga: Sektor Energi hingga Barang Baku Anjlok, IHSG Parkir di Zona Merah


"Targetnya pada tahun 2024 nanti tercipta 1 juta wirausaha. Mereka akan membutuhkan tenaga kerja dan menciptakan lapangan kerja baru," ucap dia.

Lebih lanjut, Siti membeberkan pengembangan wirausaha memiliki beberapa tantangan selain pendanaan. Salah satunya tantangannya minimnya konsultasi dan pendampingan wirausaha.

Ia mengatakan wirausahawan membutuhkan konsultasi dan pendampingan dari para ahli.

"Kami juga kerja sama dengan 45 lembaga inkubator untuk inkubasi wirausaha, karena mereka tidak jadi dengan sendirinyanya," tutup dia.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Ukuran 0,5 Gram Hingga 1 Kg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com