Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Implementasi B35 Berlaku Besok, Kementerian ESDM Lanjut Uji Coba B40

Kompas.com - 31/01/2023, 14:16 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan uji coba B40. Uji coba ini dilakukan bersamaan dengan implementasi B35 yang mulai berlaku pada Februari 2023.

“Kita (implementasi) lakukan B35, dan kita juga lakukan uji coba B40. Kalau B40 sudah diuji, pamahaman kami tidak perlu mengulangi uji coba B35. Kita akan lakukan dua-duanya, B40 dan B35,” kata Dadan di Kantor Kementerian Kordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Dadan mengungkapkan dalam uji coba B40 dan B35 pihaknya melakukan uji coba yang diakui dan direpresentasikan hasil ujinya di lapangan. Adapun beberapa tahapan dalam uji coba B40 untuk memastikan dari sisi bahan bakarnya, campurannya, hingga uji internal.

Baca juga: Implementasi B35 Bisa Hemat Devisa hingga 10,75 Miliar Dollar AS

“Kita juga lakukan uji engine di lab, kita uji coba 1.000 jam, kalau 1 jam 50 kilo meter, artinya ini ekuivalen dengan pengujuan 50.000 kilo meter. Kita juga lakukan di lab, tapi kan belum bisa di pahami umum oleh masyarakat, dan kita lakukan uji jalan, sudah selesai akhir tahun kemarin,” ungkap Dadan.

Adapun uji coba B35 telah selesai dilakukan tahun lalu. Dadan mengatakan, Indonesia merupakan negara pertama yang berhasil melakukan uji coba tersebut dan mengimpelemtasikannya. Dalam implementasi B35, Dadan juga melakukan kajian yang terbuka, transparan, dan objektif.

Baca juga: B35 Berlaku 1 Februari 2023, Volume Penyaluran Diperkirakan 15,13 Juta Liter


Dadan juga mengatakan, dengan implementasi teknologi yang memumpuni, implementasi B35 bisa dilakukan lebih cepat. Dadan bilang seharusnya implementasi yang mulai dilakukan di tahun ini adalah B30, namun di luar dugaan uji coba B35 selesai lebih cepat.

“B35 sebetulnya percepatan, karena di dalam program kami itu seharusnya B30, ya minimal B30. Jadi (implementasi B35) karena masih ada peluang untuk ditingkatkan, dan setelah dialkukan uji coba, ditambah lagi dukungan banyak pihak, mulai dari engine, bahan baku, hingga insentif,” kata dia.

Baca juga: Ditargetkan Rampung Akhir Tahun, Sampai Mana Uji Jalan B40?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com