Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] KAI Siapkan 303 Kereta Tambahan | Menpan-RB Janji Hindari PHK Massal Tenaga Honorer

Kompas.com - 17/04/2023, 05:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Siapkan 303 Kereta Tambahan

PT Kereta Api Indonesia (Perseo) Daerah Operasi I atau KAI Daop I menyiapkan 303 kereta api (KA) tambahan sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan penumpang.

Jumlah 303 KA tambahan tersebut sudah termasuk dalam 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir pada masa angkutan lebaran 2023 mulai 12 April hingga 3 Mei 2023.

Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan KA tambahan tersebut tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Malang.

"Perjalanan KA tambahan dari Daop 1 Jakarta sendiri dari keberangkatan Gambir dan Pasar Senen itu ada sekitar 303 perjalanan KA tambahan (total)," kata Eva dilansir dari Antara, Sabtu (15/4).

Selengkapnya simak di sini

2. Menpan-RB Janji Hindari PHK Massal Tenaga Honorer

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan tetap akan menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) massal untuk menyelesaikan masalah pegawai non-Aparatur Sipil Negara (ASN) atau tenaga honorer.

"Prinsip pertama adalah menghindari PHK massal," ujarnya dalam keterangan resmi seperti dikutip Kompas.com, Minggu (16/4/2023).

Anas berharap agar penyelesaian tenaga honorer tidak membebani fiskal yang signifikan bagi pemerintah.

"Kemampuan ekonomi di setiap pemerintah daerah tentu berbeda-beda. Untuk itu, penataan ini diharapkan tidak membebani anggaran pemerintah," kata dia.

Baca selengkapnya di sini

3. Jadwal Lengkap One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap Arus Mudik

Jadwal penerapan skema manajemen lalu lintas berupa one way (sistem satu arah), contraflow, dan ganjil genap penting untuk diperhatikan para pemudik yang akan melakukan perjalanan ke kampung halamannya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Korlantas Polri dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan tiga skema manajemen lalu lintas selama arus mudik Lebaran tahun ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com