Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honest Luncurkan Kartu Kredit Tanpa Nomor

Kompas.com - 09/06/2023, 20:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pembiayaan PT Honest Financial Technologies (Honest) meluncurkan kartu kredit Honest Card berupa digital maupun fisik. Produk ini dilengkapi dengan kemampuan pembayaran menggunakan ponsel, memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC).

Direktur Utama PT Honest Financial Technologies, Dharu Estiningrum menjelaskan, desain kartu kredit Honest ini sangat berbeda, tidak ada nomor kartu yang tercetak. Hal ini dilakukan untuk melindungi pengguna.

"Prioritas utama kami adalah untuk melindungi, memudahkan dan memberikan kenyamanan pada pelanggan sehingga Honest Card menjadi alat pembayaran yang digunakan sehari-hari oleh para pelanggan kami.," katanya dalam media gathering di Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Baca juga: RI jadi Negara ke-3 dengan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Dunia versi OECD

"Dengan menghilangkan komponen nomor kartu dan data penting lainnya, secara otomatis kami mengintervensi adanya risiko konsumen menyerahkan data ke orang lain," lanjut dia.

Kemudian untuk transaksi kartu kredit melalui aplikasi, lanjut Dharu, terdapat berbagai fitur-fitur keamanan yang dapat melindungi konsumen salah satu akses biometrik.

"Untuk masuk ke aplikasi Honest di mana konsumen dapat mengakses ke nomor kartu dan detail lainnya, pelanggan dapat mendaftarkan akses biometrik sesuai dengan tipe ponselnya. Selain itu pelanggan juga dapat melakukan penguncian Honest Card melalui aplikasi secara instan, tidak perlu cemas saat mereka kehilangan kartu fisiknya. Security is our priority," ujar dia.

Baca juga: Menteri ESDM Sebut Shell Akhirnya Banting Harga Lepas Blok Masela ke Pertamina

Transaksi Honest Card ini kata Dharu bisa dipergunakan di lebih dari 90 juta toko offline dan online baik di Indonesia maupun mancanegara karena bekerja sama dengan jaringan Mastercard.

Dalam kesempatan itu, Direktur Risiko PT Honest Financial Technologies, Sanjay Nandrajog menambahkan, untuk memberikan kemudahan bagi konsumen pendaftaran Honest Card dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Cukup mengunduh aplikasi Honest di Playstore, proses pengajuan serta penyelesaiannya disebutkan selesai dalam waktu 10 menit. Konsep pengajuan tanpa tatap muka ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas penuh kepada pengguna.

"Kami menggunakan teknologi machine learning pada proses penilaian kelayakan kredit. Hal ini memberi manfaat nyata bagi pelanggan karena keputusan kredit dapat diberikan dengan cepat. Seluruh proses berlangsung transparan, berbasis data yang diberikan oleh pelanggan, tanpa intervensi manusia," ucapnya.

Baca juga: Jadwal Pembagian Dividen DEPO Rp 30,55 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com