Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zulhas Klaim Jadi Menteri Perdagangan Paling Sering ke Pasar

Kompas.com - 15/06/2023, 15:35 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengklaim bahwa dirinya adalah satu-satunya Menteri Perdagangan yang paling sering berkunjung ke pasar dibandingkan menteri-mentari yang pernah menjabat sebelumnya.

Dia menyebutkan selama setahun menjabat, sudah ratusan kali ke pasar untuk mengecek harga bahan pokok.

"Saya kira sebagai Mendag, saya paling sering turun ke pasar dibandingkan Mendag yang dulu," ujarnya saat meluncurkan buku berjudul Zulhas Kerja Bantu Rakyat: Setahun Perjalanan Mendag di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Mendag Zulhas Bantah RI Impor Telur Unggas

Menurut dia, kunjungan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pendekatan untuk mendengarkan keluhan para pedagang hingga konsumen. Sehingga, langkah antisipasi gejolak harga bisa sesuai dengan yang dibutuhkan.

"Ratusan pasar rakyat Sabang sampai Marauke saya datangi untuk pastikan ketersediaan, hasilnya gejolak harga bisa kita redam," kata Mendag Zulhas.

"Memang, ratusan lebih kalau saya ke pasar hampir tiap hari. Cuma ada yang diberitakan ada yang enggak. Bayangin, Presiden tiap hari nanya, gimana saya enggak datang ke pasar? Presiden kita itu hafal harga cabai, harga bawang," sambung Zulhas.

Baca juga: Aprindo Pertanyakan Keseriusan Mendag Zulhas Soal Utang Minyak Goreng

 

Adapun Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Perdagangan pada 15 Juni 2022.

Zulhas mengganti posisi Muhammad Lutfi yang sebelumnya menjabat menjadi Menteri Perdagangan, lantaran dinilai belum bisa menyelesaikan persoalan gejolak harga hingga kelangkaan minyak goreng.

Baca juga: Didemo Pedagang, Mendag Tekankan Impor Pakaian Bekas Ilegal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com