Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vasanta Group Bakal Bangun Hotel Bintang 4 Pertama di IKN

Kompas.com - 22/06/2023, 12:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Sirius Surya Sentosa (Vasanta Group) akan membangun hotel pertama di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Rencananya, hotel yang akan dibangun merupakan hotel berbintang 4 dan terletak tidak jauh dari Istana Negara.

Pembangunan hotel ini ditandai dengan penekenan kerja sama antara Vasanta Group dengan PT Bina Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Otorita (BUO) yang berlangsung di Saumata 1 Office, Alam Sutera, Tangerang, pada Rabu (21/6/2023).

"Kami melihat IKN ini a big milestone bagi Indonesia. Salah satu momen perubahan yang sangat besar bagi negara, jadi kami ingin ikut andil dalam sejarah itu," ujar Direktur Eksekutif Vasanta Group Erick Wihardja dalam sambutannya dikutip dari siaran pers Otorita IKN.

Erick berharap, setelah kesepakatan ini dilakukan, proses pembangunan dapat segera dilaksanakan sehingga Vasanta Group dapat berpartisipasi pada pembukaan IKN.

Baca juga: Hermina Bangun Rumah Sakit Bertaraf Internasional di IKN

Sementara itu, Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) Boyke P. Soebroto menuturkan, dengan kehadiran hotel milik Vasanta Group maka bisa memfasilitasi para pejabat pemerintahan termasuk tamu negara lain yang berkunjung ke ibu kota baru Indonesia ini.

"Ke depannya, akan ada banyak orang yang berkunjung ke IKN, termasuk para pejabat negara. Jadi memang seharusnya fasilitas hotel yang bagus ini harus ada. Dapat dikatakan bahwa hotel merupakan salah satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi pertama kali dan kami bersama Vasanta Group akan mencoba melayani sebaik mungkin," ucapnya.

Baca juga: DPR: Pemerintah Pakai Tenaga Asing di IKN, Tamparan buat Kementerian PUPR

 


Pada Selasa (20/6/2023), Hermina juga telah melakukan penandatanganan dengan PT Bina Karya akan membangun rumah sakit bertaraf internasional di IKN. Ditargetkan akan beroperasional pada Agustus 2024.

"Kami berusaha menyelesaikan RS ini untuk bisa operasional Agustus 2024. Semoga kami dapat dibantu untuk bisa mendapatkan izin ground breaking pada bulan Agustus 2023,” ujar Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk Hasmoro dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama Pembangunan Rumah Sakit Bertaraf Internasional, di Hermina Tower, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com