Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang, Biaya, dan Syaratnya

Kompas.com - 24/06/2023, 19:26 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Buku tabungan BCA hilang? Tak perlu khawatir. Cara membuat buku tabungan BCA yang hilang bisa dibilang cukup mudah.

Sebagaimana diketahui, buku tabungan adalah salah satu hal paling penting bagi nasabah. Memang saat ini, banyak transaksi di perbankan sudah tak banyak membutuhkannya. Terlebih saat ini, banyak transaksi dilakukan dengan mobile banking.

Namun demikian, buku tabungan tetap harus dijaga. Karena saat kita datang ke bank, buku tabungan wajib Anda bawa untuk berbagai urusan.

Beberapa urusan di bank mengharuskan nasabah membawa buku tabungan seperti pembukaan rekening berjanga, pengajuan kredit, cetak rekening koran, pin ATM terblokir, kartu debit hilang, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Cetak Buku Tabungan BCA, Bisa tanpa CS

Buku tabungan juga ada kalanya diperlukan saat mengurus dokumen admisnistrasi seperti laporan pajak, pengajuan visa ke luar negeri, syarat mendapat subsidi dalam program pemerintah, dan sebagainya.

Saat buku rekening BCA hilang, tentu akan jadi masalah dan merepotkan. Nah jika buku tabungan BCA hilang, apa yang mesti dilakukan?

Cara penggantian buku tabungan BCA hilang

Cara membuat buku tabungan BCA yang hilang cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat. Namun sebelumnya, pastikan membawa persyaratan berikut:

  • Identitas diri seperti KTP, paspor, atau SIM
  • Kartu debit
  • Uang sebesar Rp 5.000 untuk biaya penggantian buku rekening BCA hilang
  • Materai Rp 10.000 untuk berjaga-jaga

Baca juga: Cara Buka Tabungan BCA, Syarat, dan Biaya Adminnya

Untuk diketahui saja, untuk Bank BCA sangat memudahkan nasabah. Bank swasta ini tidak mewajibkan nasabah membawa surat kehilangan dari kepolisian.

Banyak bank di luar Bank BCA memang kerap kali mewajibkan nasabah yang ingin mengajukan penggantian buku tabungan harus membawa surat kehilangan. Bank BCA tidak mewajibkan hal tersebut.

Jadi Anda hanya perlu membawa dokumen persyaratan di atas dan datang langsung ke kantor cabang terdekat. Berikut tahapannya:

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA

  • Datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat dengan membawa persyaratan dokumen yang diperlukan
  • Ambil nomor antrean, nasabah bisa meminta bantuan satpam yang berjaga di depan dan informasikan kepada petugas bahwa Anda ingin mengurus buku tabungan BCA hilang di petugas customer service (CS)
  • Jika sudah dapat nomor antrean, tunggu panggilan CS
  • Jika sudah dipanggil, informasikan kepada petugas CS bahwa Anda kehilangan buku tabungan dan perlu menggantinya. Serahkan syarat yang diperlukan
  • Petugas CS biasanya akan melakukan verifikasi identitas nasabah. Anda akan diminta mengisi formulir penggantian buku tabungan BCA dan diminta membayar biaya Rp 5.000
  • Jika syarat lengkap dan verifikasi berjalan lancar, petugas CS akan membuatkan buku tabungan baru.

Itulah informasi lengkap jika buku tabungan BCA hilang. Jadi saat buku tabungan BCA hilang, tak perlu khawatir ya. Semoga bermanfaat.

Untuk biaya penggantian buku tabungan BCA hilang adalah Rp 5.000. Sementara untuk cara membuat buku tabungan BCA yang hilang, Anda perlu datang langsung ke CS Bank BCA.Muhammad Idris/Money.kompas.com Untuk biaya penggantian buku tabungan BCA hilang adalah Rp 5.000. Sementara untuk cara membuat buku tabungan BCA yang hilang, Anda perlu datang langsung ke CS Bank BCA.

Baca juga: Cara Tarik Tunai DANA di ATM BCA, Bisa tanpa Kartu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com