Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurban Lewat Dompet Dhuafa Bakal Didistribusikan ke Wilayah Pelosok hingga Palestina

Kompas.com - 25/06/2023, 16:30 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa kembali melakukan program yang memudahkan umat Muslim untuk melaksanakan ibadah kurban yakni program Tebar Hewan Kurban (THK).

Melalui program tersebut, masyarakat dapat membeli hewan kurban melalui berbagai kanal daring, sehingga tidak perlu lagi datang ke lokasi penjualan. Masyarakat dapat membeli hewan kurban dengan THK lewat kanal perbankan, QR code, payment online, hingga kerja sama dengan e-commerce.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, Dompet Dhuafa menargetkan, pada tahun ini dapat mendistribusikan 22.000 hewan kurban. Nantinya hewan kurban bakal disebar ke berbagai wilayah, hingga daerah terpencil.

Baca juga: Beli Hewan Kurban Bisa Via BSI Mobile, Ini Caranya

Selain daerah terpencil, Dompet Dhuafa juga akan menyalurkan hewan kurban ke daerah dengan rawan kekurangan gizi, terbelakang, miskin, dan daerah yang terkena bencana dan kerusuhan di seluruh Indonesia.

"Pendistribusian hewan kurban juga menjangkau ke luar negeri. Penyaluran Kurban Luar Negeri di daerah miskin dengan penduduk minoritas muslim, daerah konflik perang seperti di Gaza, Palestina dan Mindanao, Filipina," tulis Dompet Dhuafa, dalam keterangan resmi, Minggu (25/6/2023).

Dalam pengadaan dan pendistribusian hewan kurban yang disediakan pada program THK, Dompet Dhuafa tetap mengedepakan penilaian mutu yang terdiri dari empat parameter yaitu bobot hidup yang terstandar, kondisi fisik dan kesehatan yang baik, proses pemotongan yang sesuai ajaran Islam, dan distribusi daging kurban yang tepat sasaran.

Hal itu dilakukan dengan merekrut tim pelaksana pengendalian mutu (quality control) yang bertugas memantau dan mengontrol kesehatan dan bobot hewan kurban, lokasi distribusi dan calon penerima daging kurban, proses pemotongan hewan kurban, serta membuat laporan, dokumentasi, evaluasi, dan rekomendasi.

Baca juga: Tips Atur Keuangan untuk Beli Hewan Kurban


Kemudian, pengecekan dan verifikasi dilakukan di lokasi pendistribusian dan calon penerima manfaat. Ketiga, pemantauan proses penyiapan dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Terakhir, pelaporan, pendokumentasian, evaluasi, dan rekomendasi.

"Masyarakat sangat berharap, lembaga kemanusiaan seperti Dompet Dhuafa dapat menebar manfaat dengan melakukan pendistribusian hewan kurban secara merata kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan," tulis Dompet Dhuafa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com