Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Shopee Tetap Mendominasi Pasar E-commerce di Tengah Kehadiran Pemain Baru TikTok Shop

Kompas.com - 26/06/2023, 08:00 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Shopee masih mempertahankan posisinya sebagai pemain utama dalam pasar e-commerce di tengah kehadiran pesaing baru, yakni TikTok Shop. Hal ini dibuktikan Shopee dengan mendominasi pasar e-commerce sepanjang 2023.

Berdasarkan data SimilarWeb, Shopee menduduki posisi pertama sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung tertinggi sebulan terakhir. Adapun jumlah pengunjung Shopee mencapai 161 juta selama Mei 2023. Shopee masih mengungguli Tokopedia dan Lazada dengan jumlah pengunjung masing-masing mencapai 106 juta dan 70 juta pengunjung.

Temuan dari data.ai juga menunjukkan bahwa Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia sepanjang 2022. Shopee masih mencatatkan jumlah total unduhan terbanyak, baik di Google Play maupun Apple Store.

Jika dibandingkan platform e-commerce lain, Shopee juga masih unggul dalam jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak. Dengan demikian, kehadiran TikTok Shop dinilai belum mampu mengubah peta persaingan e-commerce di Indonesia.

Keunggulan Shopee dibandingkan TikTok Shop bagi penjual

Penjual menjadi salah satu kunci penting bagi terciptanya ekosistem e-commerce yang terintegrasi dengan baik. Para pemain e-commerce tidak hanya menyediakan ruang berjualan, tapi juga ruang untuk tumbuh bersama.

Berdasarkan hasil survei Ipsos bertajuk “Understanding the Potentiality in E-Commerce Seller”, manfaat yang paling dirasakan penjual dengan bergabung di marketplace adalah kampanye tematik (66 persen), ragam pilihan layanan pengiriman (57 persen), fitur-fitur interaktif (52 persen), peluang mendapatkan lebih banyak pelanggan (43 persen), serta banyak promo menarik (95 persen) yang diberikan oleh marketplace selama Ramadhan.

Baca juga: 6 Marketplace Terbesar di Indonesia Tahun 2022, Shopee Teratas

Masih berdasarkan survei yang sama, sebanyak 67 persen responden menilai Shopee sebagai e-commerce yang pertama kali muncul di benak mereka. Selanjutnya disusul Tokopedia (16 persen) dan Lazada (6 persen). Sementara itu, TikTok Shop yang merupakan pemain baru hanya mencapai 6 persen.

Survei tersebut didukung indikator lainnya, yaitu indikator merek yang paling sering digunakan atau Brand Used Most Often (BUMO). Berdasarkan indikator ini, Shopee menempati peringkat pertama sebesar 80 persen. Selanjutnya, disusul Tokopedia (10 persen), serta Lazada dan TikTok Shop pun menduduki posisi paling rendah di angka 6 persen saja.

Setidaknya terdapat berbagai faktor yang membuat Shopee masih unggul ketimbang e-commerce lainnya. Masih berdasarkan riset yang sama, sebanyak 62 persen responden menilai bahwa Shopee merupakan marketplace yang paling banyak menyediakan promo menarik bagi pelanggan. Banyaknya promo dapat meningkatkan angka penjualan bagi para penjual.

Selain itu, sebanyak 65 persen responden mengasosiasikan Shopee sebagai marketplace yang memberikan omzet terbesar bagi penjual online. Selanjutnya, disusul Tokopedia (16 persen) dan TikTok Shop masih kesulitan mengejar di angka 9 persen.

Lebih dari itu, berdasarkan pilihan responden, Shopee (59 persen) juga menjadi marketplace di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online seller. Selanjutnya diikuti oleh Tokopedia (20 persen) di urutan kedua dan TikTok Shop berada di angka 8 persen.

Data tersebut membuktikan bahwa Shopee masih unggul, walaupun hadir pemain baru, seperti TikTok Shop. Shopee masih mendominasi sebagian besar faktor yang mempengaruhi keputusan penjual dalam memilih platform terbaik untuk mengembangkan bisnis.

Pangsa pasar Shopee kalahkan Tokopedia dan TikTok Shop

Tak bisa dipungkiri, antusiasme masyarakat Indonesia dalam berbelanja online melonjak selama Ramadhan.

Hasil riset Snapcart bertajuk “‘Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadhan 2023” pada Maret 2023 menyebut, terdapat beberapa indikator yang menggambarkan kondisi pasar e-commerce pada awal 2023.

Jika melihat transaksi (share of order), Shopee berhasil mencatatkan jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 51 persen. Selanjutnya, diikuti Tokopedia (22 persen) dan TikTok Shop yang masih kesulitan mengejar dengan angka 11 persen.

Pada indikator nilai transaksi, Shopee juga menduduki peringkat pertama dengan mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 46 persen. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia sebesar 26 persen. Sementara itu, TikTok Shop hanya mendapatkan 10 persen.

Baca juga: Cara Mendaftar Program Gratis Ongkir XTRA untuk Seller Shopee

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com