Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ikut Uji Coba LRT Jabodebek 12 Juli? Wajib Tahu 5 Hal Ini

Kompas.com - 30/06/2023, 10:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek akan diujicobakan dengan penumpang secara terbatas pada 12 Juli-15 Agustus 2023. Setelah itu, pada 18 Agustus LRT Jabodebek akan beroperasi secara komersil.

Nantinya masyarakat umum dapat kesempatan untuk menjajal moda transportasi ini selama periode uji coba atau soft launching.

Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat yang ingin mengikuti uji coba LRT Jabodebek.

Baca juga: Siap-siap, Pendaftaran Peserta Uji Coba LRT Jabodebek Dibuka 1 Juli Kuota 200 Orang Per Hari

Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pendaftaran online dibuka 1 Juli

Pendaftaran peserta uji coba LRT Jabodebek akan mulai dibuka 1 Juli 2023.

Adapun link pendaftarannya akan dibagikan di akun media sosial LRT Jabodebek, yaitu Instagram @lrt_Jabodebek, Twitter @lrtjabodebek, Youtube @lrtjabodebek, dan Tiktok @lrtjabodebek.

Oleh karenanya, bagi kamu yang ingin mengikuti uji coba, dapat mengecek akun media sosial LRT Jabodebek secara berkala mulai 1 Juli mendatang.

Tidak hanya itu, mekanisme pendaftaran peserta uji coba LRT Jabodebek yang saat ini belum diputuskan, juga akan diumumkan melalui akun media sosial resmi LRT Jabodebek.

2. Kuota peserta

Sementara untuk kuota peserta uji coba, hingga saat ini masih belum ada kepastian lantaran masih menjadi pembahasan para pemangku kepentingan.

Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI Mochamad Purnomosidi memperkirakan kuota peserta uji coba LRT Jabodebek akan sebanyak 150-200 orang per hari.

"Ini kami lagi susun bagaimana mekanisme pendaftaran dan pembatasan orang. Kira-kira ini 150-200 orang lah, per hari. Sampai 18 Agustus kan," ujar Purnomo saat ditemui di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (27/6/2023).

3. Rute uji coba

Pada tahap 1 ini proyek LRT Jabodebek sudah dibangun tiga lintasan pelayanan, yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur yang memiliki 17 stasiun dengan total panjang 44,43 kilometer.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com