Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamen BUMN: LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 18 Agustus 2023

Kompas.com - 19/06/2023, 18:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo memastikan LRT Jabodebek dan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal beroperasi 18 Agustus 2023.

Pasalnya beberapa waktu lalu beredar kabar operasional kereta cepat Jakarta-Bandung bakal molor dari jadwal.

"Ini salah satunya yg akan kita launching nanti 18 agustus adalah LRT dan kereta cepat," ujarnya saat acara peresmian penggabungan Perum Damri dan PPD di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Baca juga: LRT Jabodebek Targetkan Angkut Penumpang 137.000 Per Hari

Nantinya kedua moda transportasi ini akan saling terintegrasi di Stasiun Halim, Jakarta melalui jembatan penghubung.

Selain itu, baik kereta cepat Jakarta-Bandung maupun LRT Jabodebek juga akan terkoneksi dengan moda transportasi umum lainnya.

"(LRT Jabodebek dan KCJB) itu adalah integrasi dua fungsi layanan publik yang nantinya akan terkoneksi dengan Dukuh Atas dengan Transjakarta yang mungkin sebagian besar dioperasikan oleh PPD (Perum Damri)," ucapnya.

Dengan adanya konektivitas intermoda ini, maka transportasi umum yang ada akan melayani lebih optimal dan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Baca juga: Tarif Kereta Cepat Bakal Beda Tipis dengan Argo Parahyangan, Ini Kata Pengamat

Terlebih, ke depan pembelian tiket transportasi umum juga akan lebih mudah dengan penerapan digitalisasi.

"Tujuan akhir yang kita harapkan bahwa nantinya masyarakat lebih nyaman menggunakan kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi seperti di negara maju seperti Singapura, Jepang, dan sebagainya," tuturnya.

Sebagai informasi, pada 18 Agustus mendatang LRT Jabodebek akan mulai beroperasi komersial atau berbayar. Setelah pada 12 Juli-15 Agustus dilakukan uji coba dengan penumpang secara terbatas atau soft launching.

Sementara untuk kereta cepat Jakarta-Bandung, pada 18 Agustus nanti baru akan dilakukan soft launching karena jadwal operasi komersial akan dilakukan pada Oktober 2023.

Baca juga: Bakal Beda Tipis dengan Argo Parahyangan, Berapa Tarif Ideal Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com