Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rekomendasi Saham di Sektor Energy, Ada HRUM, MEDC, dan BRPT

Kompas.com - 03/07/2023, 12:32 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam perdagangan dua hari pekan lalu (26-27 Juni 2023), saham-saham energy yang tergabung dalam IDXENERGY mengalami penurunan 1,3 persen.

Beberapa saham di sektor energy yang mendorong pelemahan indeks diantaranya PTBA yang ambles 30,3 persen dalam sepekan dan ditutup pada level Rp 2.680 per saham. Saham Hillcon (HILL) juga melemah terjun 10 persen menjadi Rp 2.690 per saham.

Di susul oleh Meedco Energy (MEDC) dan Aneka Tambang (ANTM) yang melemah masing-masing 4,3 persen dan 2,9 persen.

Beberapa analis merekomendasikan beberapa saham untuk di-tradingkan hari ini, di antaranya MEDC, Barito Pacific (BRPT), dan Harum Energy (HRUM).

Baca juga: Jadwal Pembagian Dividen Indo-Rama Synthetics Rp 240 per Saham

Analis BinaArtha Sekuritas Ivan Rosanova merekomendasikan saham MEDC untuk di-tradingkan hari ini ketika harganya turun. Pada akhir pekan lalu, MEDC ditutup melemah di level 890 per saham.

"MEDC diperkirakan akan melemah ke support Fibonacci 860 sebagai target wave (b) dan akan rebound segera selama harga tidak menembus ke bawah 855," kata Ivan dalam rekomendasinya.

Berdasarkan indikator MACD dalam kondisi netral. Untuk melakukan trading hari ini, rekomendasi hold atau buy on weakness pada rentang harga 860-870 dengan target harga terdekat di 930.Price to Book Value (PBV) saham MEDC yakni 0,8 kali, dan Price to Earning Ratio (PER) 18,07 kali.

Baca juga: Ini Sektor Saham dengan Performa Paling Baik hingga Awal Maret 2023

Sementara itu, Associate Director of Research and Investment Maximilianus Nico Demus dalam analisisnya mengungkapkan, target harga untuk MEDC hari ini adalah Rp 1.414 per saham. Adapun PBV MEDC 0,89 kali, sementara PER 2,9 kali.

Selain MEDC, saham di sektor energi yang direkomendasikan, dalah saham HRUM yang diperkirakan melanjutkan pembentukan wave [b] dan dapat melemah menuju level 1.325 sebagai target koreksi ideal menurut analisis Fibonacci retracement karena penutupan hariannya masih di bawah garis SMA-20.

"Berdasarkan indikator MACD menunjukkan sinyal death cross. Rekomendasinya, hold atau buy on weakness pada rentang harga 1.330-1.370 dengan target harga terdekat di 1.530," kata Ivan.

Baca juga: Mirae Asset Proyeksi IHSG Tembus 7.880 pada 2023, Sektor-sektor Saham Ini Jadi Pilihan


Sementara untuk saham BRPT yang mana pada pekan lalu ditutup menguat di level 745 diperkirakan akan melemah hari ini. Pelemahan bisa dimanfaatkan investor untuk melakukan speculative buy pada rentang harga 690-710 dengan target harga terdekat di 770.

"BRPT dapat mengalami pelemahan menuju Fibonacci projection 61,8 persen dari wave (a) di level 695 karena chart harian tetap berada di bawah garis SMA-60. Berdasarkan indikator MACD menandakan momentum bullish," lanjut Ivan.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Valuasi Saham Apple Tembus 3 Triliun Dollar AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com