Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mendag Zulhas Ajak Sejumlah Pihak Perkuat Kerja Sama Tingkatkan Ekspor Produk-produk Indonesia

Kompas.com - 10/07/2023, 20:23 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengajak semua pemangku kepentingan untuk mempererat kerja sama dalam meningkatkan ekspor produk-produk Indonesia.

“Meningkatkan ekspor produk-produk Indonesia merupakan upaya yang harus dikawal bersama,” jelas Mendag Zulhas dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman kemendag.go.id, Jumat (7/7/2023).

Ia mengungkapkan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen mendorong peningkatan ekspor produk-produk Indonesia, termasuk produk usaha kecil dan menengah (UKM).

Oleh karenanya, Kemendag menargetkan nilai potensi transaksi Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 sebesar 11 miliar dollar AS atau meningkat 10 persen dari TEI ke-37 pada 2022.

Hal tersebut Mendag Zulhas sampaikan meluncurkan TEI ke-38 di Kantor Kemendag, Senin (10/7/2023).

Baca juga: Kemendag: Pedagang yang Jual Bundling Minyakita akan Dicabut Izin Usahanya

Mengangkat tema “Sustainable Trade for Global Economic Resilience”, kegiatan tahunan tersebut juga dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Hari ini, Senin (10/7/2023), kita meluncurkan TEI 2023. Untuk meningkatkan ekspor, kata kuncinya adalah kerja sama. Tahun lalu (2022), kita mencatatkan 15,83 miliar dollar AS di TEI ke-37,” ucap Mendag Zulhas.

Untuk itu, ia optimistis, TEI 2023 dapat mencatatkan nilai potensi transaksi yang lebih bagus. Hal ini, menurut Mendag Zulhas, dapat diraih melalui kerja sama berbagai pihak.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan kerja sama dalam pencapaian target tersebut.

Sebagai informasi, TEI ke-38 akan dibuka secara hibrida pada Rabu (18/10/2023). Pameran tatap muka akan berlangsung pada Rabu (18/10/2023) sampai Minggu (22/10/2023) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, Banten.

Baca juga: Perayaan Musim Panas di Ulang Tahun Aeon Mall BSD City

Sementara itu, pameran daring akan berlangsung pada Rabu (18/10/2023) sampai Senin (18/12/2023) dan diakses melalui http://www.tradexpoindonesia.com/.

Pada TEI ke-38, produk-produk unggulan ekspor akan ditampilkan dalam tujuh zona produk.

Ketujuh zona tersebut adalah Food and Beverages (FnB), Home Living, Digital and Services, Beauty and Personal Care, Chemical, Energy and Industrial Product, Medical Equipment and Healthcare, dan Fashion, Textile and Accessories.

Target potensi transaksi 11 miliar dollar AS

Seperti diketahui, Kemendag menargetkan nilai potensi transaksi TEI ke-38 sebesar 11 miliar dollar AS. Target ini meningkat sebesar 10 persen dibanding TEI ke-37 yang bernilai 10 miliar dollar AS.

Mendag Zulhas optimistis pelaksanaan TEI dalam format hibrida akan dapat mendorong realisasi target potensi transaksi tersebut.

Baca juga: Dewas KPK Belum Periksa AKBP Tri Suhartanto Terkait Transaksi Rp 300 M

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com