Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemilau Produk Perhiasan Indonesia Memukau Publik Singapura

Kompas.com - 15/07/2023, 18:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk perhiasan Indonesia berhasil memukau seluruh pengunjung saat dipamerkan di Paviliun Indonesia pada Pameran Singapore International Jewelry Expo 2023.

Pameran Singapore International Jewelry Expo 2023 merupakan satu pameran perhiasan berskala Internasional terbesar di kawasan Asia yang diadakan di Singapura dari 13 Juli-16 Juli 2023.

Pameran perhiasan ini merupakan kali ke-18 yang digelar dan diikuti oleh lebih dari 230 exhibitor dari 27 Negara di dunia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto menuturkan, keikutsertaan Paviliun Indonesia pada pameran ini merupakan salah satu upaya promosi yang sinergis antar Kementerian dan Lembaga yang diinisiasi Kemendag dengan menggandeng KBRI Singapura serta Bank Indonesia agar menciptakan strategi peningkatan ekspor Indonesia yang kolaboratif.

Baca juga: Promosikan Perhiasan Mutiara dan Perak di India, Kemendag Gandeng Anak Muda

Apalagi menurut dia, produk perhiasan telah menjadi salah satu produk strategis yang berperan penting dalam menyumbangkan surplus ekspor Indonesia dalam 2 tahun terakhir.

"Tahun lalu ekspor produk perhiasan mencatatkan rekor nilai ekspor sebesar 6,3 miliar dollar AS, tumbuh sangat signifikan sebesar 7,12 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan dari nilai ekspor perhiasan tersebut, lebih dari 20,4 persen diekspor ke Singapura, yang menjadikan Singapura sebagai negara destinasi ekspor kedua terbesar untuk produk perhiasan Indonesia," ujarnya dalam siaran resminya, Sabtu (15/7/2023).

Suhanto berharap, pemerintah bisa mengoptimalkan sebaik-baiknya momentum tren positif yang sedang berlangsung pada produk perhiasan Indonesia.

"Indonesia telah berhasil membangun peta jalan untuk ekspor berbasis produk hasil industri secara komprehensif dalam beberapa tahun terakhir ini, dengan mengedepankan kebijakan hilirisasi sebagai penggerak utama. Dan salah satu produk unggulan hasil dari kebijakan tersebut adalah produk perhiasan. Dan Singapura merupakan mitra terpenting Indonesia di kawasan untuk produk perhiasan, ini yang kita dorong," pungkasnya.

Baca juga: Tarif PPN Emas Perhiasan Turun, Simak Rinciannya

Sebagai informasi, Paviliun Indonesia pada pameran ini digagas bersama oleh Kementerian Perdagangan bersama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura dan Bank Indonesia (BI).

KBRI menghadirkan 9 pengrajin perhiasan perak, emas, dan mutiara berskala UMKM.

Meski berskala UMKM, mereka telah melalui serangkaian program pembinaan, kurasi dan telah rutin memproduksi produk perhiasan berkualitas ekspor yang telah menembus berbagai Negara.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Emas Antam Anjlok Rp 6.000 Per Gram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com