Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Diminta Tidak Main Layangan di Jalur Kereta Cepat

Kompas.com - 22/07/2023, 20:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum kereta cepat relasi Jakarta-Bandung (KCJB) beroperasional penuh pada Agustus 2023.

Salah satunya imbauan kepada anak-anak agar tidak bermain layangan dekat perlintasan kereta. Hal itu disampaikan General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa.

"Melalui sosialisasi yang dilakukan, diharapkan seluruh masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam menjaga keselamatan dirinya maupun orang lain di sekitar jalur KA Cepat," katanya dalam pernyataan tertulis, Sabtu (22/7/2023).

Baca juga: Ini 2 Program Prioritas Wamen Rosan, Proyek Kereta Cepat dan Restrukturisasi BUMN Karya

Eva mengungkapkan saat uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, terjadi beberapa kali insiden tersangkutnya layangan di area listrik arus atas antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Tegalluar. Hal itu dinilai telah menghambat operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Adapun saat beroperasi nanti, kereta cepat akan memacu kecepatan hingga 350 kilometer per jam sehingga perlu dihindari adanya benda asing yang berpotensi mengganggu dan membahayakan operasional kereta.

Eva mengatakan pada kasus ringan, benda asing bisa merusak pantograf dan kereta cepat akan terhenti. Sedangkan pada kasus yang lebih serius, dapat menyebabkan putusnya kabel listrik arus atas serta pemadaman listrik sehingga mengganggu keseluruhan operasional perjalanan kereta cepat.

Baca juga: Blue Bird Bidik Jadi Transportasi Penghubung LRT Jabodebek dan Kereta Cepat

Selain sosialisasi, KCIC juga telah memasang pagar dan kawat berduri di jalur perlintasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sebagai upaya agar masyarakat tidak berada di sekitarnya.

Adapun Kereta Cepat Jakarta-Bandung dijadwalkan akan soft launching pada 18 Agustus 2023, berbarengan dengan operasional LRT Jabodebek pada waktu yang sama.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Pergantian Posisi Wamen Tak Hambat Proyek Kereta Cepat dan Restrukturisasi BUMN Karya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com