Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Train Attendant LRT Jabodebek?

Kompas.com - 26/07/2023, 14:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek akan dioperasikan tanpa masinis, namun terdapat petugas kereta (train attendant) yang akan berjaga di dalam kereta LRT Jabodebek. Apa itu train attendant LRT Jabodebek?

Mengutip laman djka.dephub.go.id, train attendant adalah pramugari dan pramugara kereta api atau disebut prami dan prama.

Sama seperti pramugari dan pramugara di pesawat, tugas train attendant LRT Jabodetabek atau prami dan prama adalah melayani penumpang kereta api selama perjalanan.

Namun, train attendant LRT Jabodebek berbeda dengan kereta pada umumnya. Karena operasional LRT Jabodebek dilakukan secara otomatis dari Operation Control Center (OCC) atau Backup OCC secara terpusat, train attendant selalu berkeliling di dalam rangkaian kereta.

Baca juga: Sistem ATS Belum Sinkron, Uji Coba LRT Jabodebek Masih Ditunda

Lantaran LRT Jabodebek beroperasi secara otomatis tanpa masinis, train attendant LRT Jabodebek juga bertanggung jawab mengambil alih kemudi saat LRT mengalami gangguan. Tugas ini sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 765 Tahun 2017.

Oleh karenanya, untuk menjadi train attendant LRT Jabodebek tidak boleh sembarangan. Sebab selain tetap harus memiliki sertifikasi masinis, seorang train attendant LRT Jabodebek harus memiliki kualifikasi yang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 4 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Kecakapan Awak Sarana Perkeretaapian (ASP).

Sebelum dapat bertugas, para train attendant LRT Jabodebek akan mendapatkan pelatihan selama 2,5 bulan di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian (BPTP) Sofyan Hadi Bekasi.

Baca juga: Simak Tarif dan Rute LRT Jabodebek 2023

Train attendant termasuk dalam ASP otomatis karena sarana yang dioperasikan sudah menggunakan Grade of Automation (GoA) level 3 dimana dalam PM 4 Tahun 2017 pasal 9, seorang ASP Otomatis itu harus memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan dan lulus luji kecakapan. Untuk itu para train atendant harus mengikuti kegiatan uji kompetensi.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pekerjaan train attendant LRT Jabodebek. Apakah kamu tertarik bekerja di bidang ini?

Baca juga: Menimbang Tarif LRT Jabodebek dengan Transportasi Umum Berbasis Rel Lainnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com