Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Fakta Uji Coba LRT Jabodebek yang Disetop Sementara

Kompas.com - 20/07/2023, 06:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek yang dijadwalkan berlangsung selama 12 Juli-15 Agustus 2023 dihentikan sementara oleh Kementerian Perhubungan.

Lantas, apakah hal ini akan memundurkan tanggal operasional komersial LRT Jabodebek yang ditargetkan 18 Agustus 2023? Mengingat uji coba operasional ini menjadi tahapan penting sebelum LRT dioperasikan penuh.

Manager Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, jadwal operasional komersial LRT Jabodebek masih sesuai rencana meski uji coba dihentikan sementara.

"Enggak (mundur), sejauh ini masih sesuai rencana," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Rabu (19/7/2023).

Baca juga: Resmi, Tarif LRT Jabodebek Rp 5.000 untuk Kilometer Pertama

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Divisi LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi. LRT Jabodebek akan diresmikan dan dioperasikan secara penuh pada 18 Agustus mendatang.

"Kita harapkan setelah 18 Agustus diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo kita rencanakan hal itu, sehingga setelah itu bisa kita komersialkan," ucap Purnomosidi saat dihubungi via telepon, dikutip Rabu.

Nantinya LRT Jabodebek akan melayani penumpang dengan 434 perjalanan per hari yang akan dibagi untuk perjalanan rute Jakarta-Cibubur dan Jakarta-Bekasi.

Adapun jumlah rangkaian yang akan dioperasikan sebanyak 29 rangkaian dari total 31 rangkaian, yaitu 27 rangkaian untuk perjalanan dan 2 rangkaian untuk cadangan.

Waktu operasional LRT Jabodebek ini ialah pukul 05.30-23.30 WIB setiap harinya.

"Semua jalur akan kita layani dan operasikan. Termasuk jalur menuju Stasiun Halim dalam rangka sebagai transportasi pengumpan atau feeder bagi Kereta Cepat Jakarta-Bandung," kata dia.

Lalu seperti apa fakta-fakta di balik penghentian sementara uji coba LRT Jabodebek? Simak rangkuman Kompas.com berikut ini.

1. Penyebab Uji Coba LRT Jabodetabek Dihentikan Sementara

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, penghentian sementara uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek selama 17-20 Juli 2023 dilakukan untuk memperbaiki sistem LRT Jabodebek.

Hal ini diputuskan setelah DJKA melakukan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek pada Sabtu (15/7/2023).

"Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (17/7/2023).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com